ANALISIS PEMANFAATAN JASA INFLUENCER TERHADAP TINGKAT PENJUALAN BISNIS KULINER DI KOTA BUKITTINGGI

Selvi Yona Tamara, Jovi Antares, Afifah Afifah

Abstract


Pertumbuhan UMKM di kota Bukittinggi terutama dalam sector kuliner terus meningkat seiring berkembang perekonomian daerah. Di tengah persaingan yang semakin ketat pelaku UMKM kuliner mulai menerapkan berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan, salah satunya melalui penggunaan jasa influencer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode wawancara. Hasil pada penelitian ini menunjukkan pemanfaatan jasa influencer di kota Bukittinggi jelas membawa dampak yang positif kepada para pelaku usaha kuliner, karena dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Ini di harapkan dapat menjadi solusi bagi UMKM sector bisnis kuliner terhadap tingkat penjualannya.

Keywords


Jasa, Influencer, Penjualan.

References


Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 918–930.

Khairani, A., Andini, Y. B., Fedia, V., Putri, N. O., Norfaizah, N., & Putra, R. B. (2022). Penerapan Digital Marketing Dan Influencer Endorsement Saat Pandemi Covid-19 Pada Agen Frozen Food (Studi Kasus UMKM Wins Food Kebab Padang). Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 378–384.

Mardhotillah, G. M., & Sukmadewi, R. (2024). Pemanfaatan influencer endorsement sebagai strategi dalam meningkatkan brand awareness pada UMKM Onies Brownies. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 5850–5856.

Maulana, Y. S., Hadiani, D., & Wahyuni, S. (2021). Pengaruh penggunaan influencer instagram terhadap citra merk dan dampaknya terhadap peningkatan penjualan. Perwira Journal of Economics & Business, 1(2), 1–7.

Muttamimah, L., & Irwansyah, I. (2023). Pemanfaatan Influencer Berbasis Virtual dalam Komunikasi Pemasaran. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 22(1), 31–42.

PURBANINGRUM, W. (2022). Pengaruh Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Umkm Kuliner Di Yogyakarta.

Rahmawati, S. D. (2021). Pengaruh media sosial seorang influencer dalam meningkatkan penjualan melalui e-commerce. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 1(1), 281–294.

Saputra, A. (2020). Pendidikan Dan Teknologi: Tantangan Dan Kesempatan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 21–33.

Yasinta, K. L., & Nainggolan, R. (2023). Pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian Somethinc di Surabaya dimediasi oleh brand image. PERFORMA, 8(6), 687–699.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i3.7097

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Selvi Yona Tamara, Jovi Antares, Afifah Afifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.