STRATEGI GURU PROFESIONAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMKN 1 PERCUT SEI TUAN

Yaser Abdul Amanah, Tika Juni Lestari, Aditya Utama, Irvan Dinata, Elman Saputra Lase

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi yang diterapkan oleh guru profesional dalam proses pembelajaran di SMKN 1 Percut Sei Tuan serta dampaknya terhadap minat belajar siswa. Profesionalisme guru, yang tercermin dalam penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, merupakan fondasi utama dalam menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, dokumentasi, dan wawancara semi-terstruktur, lalu dianalisis secara tematik menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang interaktif, kontekstual, dan aplikatif mampu meningkatkan motivasi serta partisipasi siswa secara signifikan. Sebaliknya, pendekatan yang monoton berdampak pada rendahnya keterlibatan siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan profesionalisme guru sebagai strategi peningkatan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan.

Keywords


strategi pembelajaran, guru profesional, minat belajar .

References


Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods (5th ed.). Pearson Education.

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Kencana.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualitas guru di era global. PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi. (2004). Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Malang: Universitas Negeri Malang.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali Pers.

Sholikhah, U. (1970). Metode penelitian kualitatif dalam studi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Susilowati, T. (2017). Pengaruh strategi pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24(2), 85–94.

Nurutami, Rizkiana, and Adman Adman. 2016. “Kompetensi Profesional Guru Sebagai Determinan Terhadap Minat Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen

El Islami, R. A. Z., Anantanukulwong, R., & Faikhamta, C. (2022). Trends of Teacher Professional Development Strategies: A Systematic Review. Shanlax International Journal of Education, 10(2), 1–10.

Hamam, U. (2022). Strategi pembelajaran guru kaitannya dengan perubahan dalam hasil keterampilan siswa pada SMK Negeri 1 Demak. Jurnal Visi Manajemen, 8(2), 118–134.

Manullang, K. (2023). Pengaruh profesionalisme guru PAK terhadap minat belajar siswa kelas V SD Swasta Santa Maria Tarutung T.P. 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(1), 118–131.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i3.7096

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yaser Abdul Amanah, Tika Juni Lestari, Aditya Utama, Irvan Dinata, Elman Saputra Lase

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.