PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMKN 1 PERCUT SEI TUAN

Ridho Syahban, Meisan Jaya Haro, Meliana Rointan Silaban, Hizryan Furqan, Julianus Bawamenewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak profesionalisme guru terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Percut Sei Tuan. Profesionalisme pendidik adalah elemen krusial dalam menciptakan suasana belajar yang mendukung dan mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pendidikan. Metode yang diterapkan dalam studi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan dokumentasi dan wawancara. Informasi diperoleh dengan memberikan pertanyaan kepada siswa dan guru serta dianalisis menggunakan metode triangulasi data sederhana. Temuan studi menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru dengan minat belajar siswa. Semakin besar tingkat profesionalisme seorang guru, maka semakin meningkat pula minat belajar para siswa. Penemuan ini menekankan signifikansi pengembangan kemampuan pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional guru untuk mendukung proses pembelajaran yang efisien dan menyenangkan.

Keywords


profesionalisme guru, motivasi belajar, kompetensi guru.

References


Araniri, Nuruddin, Kata Kunci, Kompetensi Guru, and Agama Islam. 2018. “Kompetensi Profesional Guru Agama Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa.” Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 4(1, March): 75–83. doi:10.5281/zenodo.3552011.

Bungin. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Chandra, Mutiara Putri, Muhammad Alridho Lubis, Program Studi, and Universitas Jambi. 2023. “1 , 2 , 3.” 6(2): 109–19.

Hattie, John, and Timperley Helen. 2016. “The Influence of Teacher Competency on Student Learning Outcomes: A Meta-Analysis.” Review of Educational Research 8(1): 159–68.

Iskandar, Dian. 2018. “Implementasi Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” Journal of Management Review 2(3): 261. doi:10.25157/jmr.v2i3.1804.

Muhson, Ahli. 2004. “Meningkatkan Profesionalisme Guru : Sebuah Harapan-- Ali Muhson MENI NGKATKAN PROFESI ONALI SME GURU : SEBUAH HARAPAN Oleh : Ali Muhson Meningkatkan Profesionalisme Guru : Sebuah Harapan-- Ali Muhson.” 2: 90–98.

Nurtanto Muhammad. 2016. “Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Bermutu.” Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (10): 553–65. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535.

Nurutami, Rizkiana, and Adman Adman. 2016. “Kompetensi Profesional Guru Sebagai Determinan Terhadap Minat Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1): 119. doi:10.17509/jpm.v1i1.3345.

Pratiwi, Noor Komari. 2017. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang.” Pujangga 1(2): 31. doi:10.47313/pujangga.v1i2.320.

Rahmayanti, Vina. 2016. “Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI ATAS UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X.” 1(2): 206–16.

Rasam, Fadli, and Ani Interdiana Candra Sari. 2018. “Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Smk Di Jakarta Selatan.” Research and Development Journal of Education 5(1): 95. doi:10.30998/rdje.v5i1.3391.

Rondoni, Pajri, Abdul Khodir Zailani, Efzal Muji Rohmin, and Ahmad Walid. 2022. “Analisis Minat Belajar Siswa Kelas Ix Smp Negeri 14 Kota Bengkulu Pada Mata Pelajaran Ipa.” Khazanah Pendidikan 16(1): 1. doi:10.30595/jkp.v16i1.12196.

Sholikhah, Amirotun. 1970. “Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 10(2): 342–62. doi:10.24090/komunika.v10i2.953.

Sirait, Erlando Doni. 2016. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(1): 35–43. doi:10.30998/formatif.v6i1.750.

Widiyanto, Mikha Agus, and Andreas Fernando. 2020. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa.” Davar : Jurnal Teologi 1(1): 65–73. doi:10.55807/davar.v1i1.6.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i3.7095

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ridho Syahban, Meisan Jaya Haro, Meliana Rointan Silaban, Hizryan Furqan, Julianus Bawamenewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.