PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BROWNIES AMANDA JALAN GAJAH MADA JEMBER

Amanda Novalia Arifin, Haris Hermawan, Tatit Diansari Reski Putri

Abstract


Pada saat ini persaingan dalam suatu dunia bisnis semakin ketat. Hal ini menjadi suatu tuntutan bagi setiap perusahaan untuk dapat memaksimalkan kinerja perusahaannya agar mampu bersaing di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, harga, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Brownies Amanda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen Brownies Amanda. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda untuk mengetahui sejauh mana pengaruh masing-masing variabel independent terhadap variabel dependent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image, harga, dan variasi produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, brand image dan variasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel harga juga berpengaruh namun dengan tingkat signifikansi yang lebih rendah. Temuan ini mengindikasikan bahwa citra merek yang kuat serta beragamnya pilihan produk menjadi faktor utama yang mendorong konsumen dalam mengambil keputusan pembelian di Brownies Amanda.


Keywords


Brand Image, Harga, Variasi Produk, Keputusan Pembelian

References


Albari, & Safitri, I. (2018). The Influence of Product Price on Consumers’ Purchasing Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, 7(02), 328–337. http://buscompress.com/journal-home.html

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (2nd ed.).

Aminullah, R., Suharto, A., & Diansari, T. (2018). Pengaruh Harga Lokasi Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian. In Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia (Vol. 4, Issue 2, p. 204). https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1762

Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, ESJ, 14(13), 228. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228

Asnawati, F. m. . &. (2017). pengaruh electronic word of mouth, brand image, brand trush terhadap keputusan penggunaan jasa ojek online go-jek di samarinda. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 409–410.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

Damayanti, A., Arifin, R., & Rahmawati. (2023). Vol. 12. No. 01 ISSN : 2302-7061. Riset, Jurnal Prodi, Manajemen Fakultas, Manajemen Unisma, Bisnis, 12(01), 510–518.

Dewi Widhy Asti, Hasbiah, S., & Wardhana Haeruddin, M. I. (2022). The Influence of Price and Product Quality on Product Purchasing Decisions at Pt Intan Pariwara. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 1(2), 238–258. https://doi.org/10.58526/jsret.v1i2.32

Dicaprio El Moslem, Wahyu Eko Setianingsih, & Tatit Diansari Reskiputri. (2023). Pengaruh Brand Awareness dan Media Komunikasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Warmindo (Studi kasus jalan Mastrip, Jember). Jurnal Sinar Manajemen, 10(3), 206–

https://doi.org/10.56338/jsm.v10i3.3823

Enggal, T. W., Bukhori, M., & Sudaryanti, D. (2019). Analisa Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Baju di Beberapa Departement Store di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(2), 61–70. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i2.116

Fiorentino, M. E., Sari, M. I., Reskiputri, T. D., & ... (2023). The Role of Brand Image, Product Quality and Price in Improving Product Purchasing Decisions. … Research and Critics …, 1798–1808. https://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/7734

Fitriyah, A. (2024). Peran Brand Attitude Dalam Memediasi Inovasi produk dan Celebrity Endorser tyerhadap Minat Beli. Journal Of Economiscs and Bussinees, 8, 1691–1698.

Ghozali. (2017). Aplikasi Analisis Multivrarant Dengan Program IBM SPSS (Edisi 7).

Universitas Diponegoro.

Gonie, L. C. P. F., Tumbel, A., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan dan Kopi Chamar Kawangkoan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 224–232.

Gultom, D.k, arif & muhammad F. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepercayaan. 3(2), 273–285.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Haque, M. G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian.

E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 31–38. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.476

Huda, N. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi DanBisnis Islam, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v2i1.311 Jannah, E. M., Adistia, E., & Renfiana, L. (2023). Analisis Strategi Bauran Pemasaran

(Marketing Mix) Untuk Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada Saung Enggal). Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(6), 117–131. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i6.2945

Kalsum, U., & Usuli, S. (2021a). Pengaruh Variasi Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minuman Boba Brown Sugar Gar_Fresh. Jurnal EKOMEN, 21(1), 58–

https://ojs.unsimar.ac.id/index.php/EkoMen/article/view/428

Kalsum, U., & Usuli, S. (2021b). Pengaruh Variasi Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minuman Boba Brown Sugar Gar_Fresh. Jurnal EKOMEN, 21(1), 58– 68.

Khairunissa, V. L., Agustina, E., & Purwanti, I. (n.d.). Implementasi Marketing Mix Dalam Mempertahankan. 2(1), 55–60.

Kojongian, A. S. ., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou.id pada Media Sosial Instagram. Productivity, 3(2), 157–161.

Kotler. (2019). 19651_2_Bab_II. 10.

Kridaningsih, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Amino Dari Ultimate Nutrition Di Kota Mojokerto. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 7(2), 153–162. https://doi.org/10.54131/jbma.v7i2.108

Mauliddiyah, N. L. (2021). Pengaruh Kualitas produk, Harga, Lokasi, dan pelayanan Terhadap Kepuasan konsumen. 6.

Nabilla, A. G., & Antje Tuasela. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Pada DIVA Karaoke Rumah Bernyanyi di Kota Mika. Kritis, 5(2), 1.

Nurhalizah, S., & Oktiani, N. (2024). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 197–207. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i3.18

Pratama, A. F., Setyowati, T., & Hermawan, H. (2023). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bata Pada Toko Sepatu Di Kabupaten Jember. Jurnal

Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 2(3), 561. https://doi.org/10.36841/jme.v2i3.3278 Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen: El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 150–160. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.473

Purwati, A. A., Siahaan, J. J., & Hamzah, Z. (2019). Analisis Pengaruh Iklan, Harga dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian di Toko Rumah Mebel Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, 30(1), 20. https://doi.org/10.25299/kiat.2019.vol30(1).3870

Regindratama, A. (2023). Pengaruh Variasi Produk Dan Display Layout Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Word of Mouth Sebagai Variabel Mediasi Di Toko Src Jumasri Talang Kawo Merangin Jambi. Oikos : Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan Ekonomi, 7(1), 710–728. https://doi.org/10.23969/oikos.v7i1.6033

Renaningtyas, A. R., Wahyuni, A. D., & ... (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ekonomi …, 3(5), 469–478. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/988%0Ahttps://dinastirev.org/JEMSI/article/do wnload/988/622

Reppi, L. V. Y., Moniharapon, S., & Loindong, S. (2021). Bauran Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Grabfood (Study Pada Pengguna Jasa Grabfood Di Kota Manado Pada Masa Pandemi Covid-19). Jurnal EMBA, 9(3), 1482–1490.

Rosanti, N., Karta Negara Salam, & Panus. (2021). The Effects of Brand Image and Product Quality on Purchase Decisions. Quantitative Economics and Management Studies, 2(6), 365–375. https://doi.org/10.35877/454ri.qems360

Sari et al. (2022). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus Variabel Green Marketing dan Brand Ambassador UMKM Ngudi Rejeki Kelorida. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 308–327. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v43i2.644

Sejati, A. K. S. A. S., Pawenang, S., & Ratna, D. (n.d.). Product Variations, Service Quality, Facilities, Purchasing Decisions 1. 2021(4), 688–695.

SHELEMO, A. A. (2023). No Titleیلیب. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).

Sofiyatuzzahro, Qomari, N. dan N. (2021). Pengaruh Brand Image, promosi, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada brand “Crocodile” di Matahari Dapartemen Store Surabaya. Urbara Management, 1, No.2 PP, 242–254.

Sugiyono. (2017). Pengaruh Store Atmosphere, Hedonic Motive Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(10), 2–16. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/338

Susilowati, I. H., & Utari, S. C. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Apotik MAMA Kota Depok. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 134–140. https://doi.org/10.31294/eco.v6i1.12806

Syarifuddin, L. M. (2022). Sejarah Pemasaran dan Strategi Bauran Pemasaran. In Istana Agency.

Tjiptono. (2012). Strategi pemasaran.

Ulfithroh, N. (2023). Strategi Pemasaran dan Harga dalam Upaya Peningkatan Efektivitas Penjulan Sensor Ac di CV. Fassa Group Bandung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 2.

Wulandari, W., Izzuddin, A., & Reskiputri, T. D. (2024). Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Mie Sakera Ajung Kalisat Kota Jember). Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.47134/jampk.v1i3.108

Zainurossalamia, S. (2020). manajemen pemasaran teori dan strategi.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i3.6774

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 AMANDA NOVALIA ARIFIN, Haris Hermawan, Tatit Diansari Reski Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.