EFEKTIVITAS AFFILIATE MARKETING DAN PRODUCT QUALITY PADA PURCHASE INTEREST KONSUMEN SHOPEE DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas affiliate marketing dan product quality sebagai strategi pemasaran digital dalam memengaruhi purchase interest pada konsumen marketplace Shopee di Kota Medan. Perkembangan era digital mendorong peningkatan minat pada online marketplace seperti Shopee. Shopee memanfaatkan affiliate marketing dan product quality untuk meningkatkan purchase interest. Kota Medan dipilih karena merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa dengan pertumbuhan pengguna marketplace yang tinggi, menjadikannya pasar potensial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Data primer diperoleh dari 96 responden di Kota Medan melalui kuesioner dengan teknik purposive sampling. Data sekunder didapatkan dari studi kepustakaan. Analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, dan uji hipotesis menggunakan perangkat lunak statistik. Hasil menunjukkan affiliate marketing berpengaruh signifikan terhadap purchase interest (t hitung = 6,100, signifikansi < 0,001). Product quality juga berpengaruh signifikan terhadap purchase interest (t_hitung = 4,053, signifikansi < 0,001). Secara simultan, affiliate marketing dan product quality berkontribusi sebesar 80,9% terhadap purchase interest, sementara 19,1% dipengaruhi faktor lain.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agung, et. al. (2019). Metode Penelitian Bisnis Kualitatif dan Kuantitatif. CV Noah Aletheia.
Assael, H. (2020). Consumer Behavior: A Strategic Approach. Cengage Learning.
Badan Pusat Statistik Kota Medan. (2023). Medan Dalam Angka 2023. BPS Kota Medan.
. (2024). Medan Dalam Angka 2024. BPS Kota Medan.
Balaka, Y. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Widina Bhakti Persada Bandung.
. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Widina Bhakti Persada Bandung.
Blackwell, R. D., Miniard, P. W., & Engel, J. F. (2020). Consumer Behavior. Cengage Learning.
Cholipah, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Kue Bolu Kering (Studi Kasus Loyalitas Konsumen pada UD. Wahyu Jaya kota Kediri). Skripsi, IAIN Kediri.
Desfitriady, Safitri, D.S., & Ramdhani, D. (2023). Pengaruh Review dan Affiliate Marketing Produk Pusat Grosir Bandung Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Terhadap Konsumen Ritel pada Marketplace Shopee di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Strategis Terkini, 5(4).
Dewey, J. (1910). How We Think. D.C. Heath and Co.
Eka, R. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi pada Generasi Z Pengguna Tiktok di Sidoarjo). Sidoarjo: Universitas Negeri Surabaya.
Erkan, I., & Evans, C. (2020). Social Media or Shopping Apps? The Effects of Social Media Influencers on Online Consumer Evaluations and Intention to Purchase. Journal of Information & Management, 57(8), 103373.
Evans, J. R., & Lindsay, W. M. (2020). Managing For Quality And Performance Excellence. Cengage Learning.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi ke-10). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi ke-10). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ginee. (2023). Top Marketplace in Indonesia: 2023 Insights. Retrieved September 5, 2024, from https://ginee.com/id/insights/top-marketplace/
Grace, et. al. (2021). Strategi Pemasaran. Pascal Books.
Gupta, S., & Sharma, D. (2022). The Role Of Affiliate Marketing In Modern Digital Marketing. Journal of Marketing Research, 59(3).
Hadi, A. (2023). Perkembangan E-Commerce di Indonesia. Pustaka Bangsa. Hamzah, F. (2019). Bringing The Future To Indonesia: Teknologi Digital dan Pembangunan Berkelanjutan. Qanita.
Harita, H. T. S., & Siregar, O. M. (2022). Pengaruh Direct Marketing dan Product Quality Terhadap Minat Beli Ulang Pada Live Streaming Marketing Tiktok. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Manajemen Bisnis Digital, 1(2).
Hasan, A. (2020). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Mitra Wacana Media.
. (2020). Perilaku Konsumen: Teori dan Aplikasinya (Ed. Ke-2). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Juran, J. M. (1951). Quality Control Handbook (Ed. Ke-2). McGraw-Hill.
Kotler, P. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. Wiley.
. (2021). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing (Prinsip-Prinsip Pemasaran) (Edisi ke-18). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
. (2022). Marketing Management (Edisi ke-16). Pearson.
Laelatul, et. al. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Affiliate Marketing Akun Instagram @Nazwaadinda_ Terhadap Minat Pembelian Produk Pada Followers-nya. Jurnal Komunikasi dan Bahasa.
Ningrum, L. S., & Aryanto, V. D. W. (2024). Pengaruh Affiliate Marketing, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang).
Patel, K., & Bell, D. R. (2022). Affiliate Marketing: A Systematic Literature Review and Future Research Directions. Journal of Marketing Management.
Purba, R. (2016). Teori Penaksiran Sampel: Pendekatan dan Aplikasinya dalam Penelitian Kuantitatif. Penerbit Universitas Terbuka.
Riadi, V. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Affiliate Marketing Terhadap Minat Beli Eat Sambel pada Media Sosial Tiktok (Studi pada Generasi Z di Kecamatan Tuah Madani). Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior (Edisi ke-12). Pearson.
Schroeder, R. G., & Robinson, A. G. (2023). Operations Management: Sustainability and Supply Chain Management. McGraw-Hill Education.
Shopee Seller Center. (2024). Panduan Afiliasi dan Penilaian Produk. Retrieved March 19, 2025, from https://seller.shopee.co.id/
Siregar, O. M., & Nasution, M. D. T. P. (2022). Revolutionizing Marketing: Strategi Inovatif Bisnis Modern. CV. Mitra Cendekia Media.
Statista. (2024). Top 10 e-commerce sites in Indonesia as of 2023. Retrieved September 5, 2024, from https://www.statista.com/statistics/869700/indonesia-top-10-e-commerce-sites/
Steven, R., & Pratiwi, R. (2020). Analisis Pengaruh Variabel Terhadap Produktivitas. Jurnal Produktivitas, 7.
Sukwika, et al. (2023). Metode Penelitian (Dasar Praktik dan Penerapan Berbasis ICT). PT Mifandi Mandiri Digital.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran (Edisi ke-4). Penerbit Andi.
. (2021). Strategi Pemasaran (Edisi ke-5). Penerbit Andi.
Tobin, R. (1996). Affiliate Marketing and Its Effectiveness. Marketing Science Press.
Tuasikal, D. (2022). Pengaruh variabel independen terhadap keputusan pembelian: Analisis regresi dan uji F. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i2.6314
Article Metrics
Abstract view : 60 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 30 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Shella Angelika Gea, Onan Marakali Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.