STRATEGI PENETAPAN HARGA PENJUALAN TUNAI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LABA PENJUALAN PADA CV SARMA MEDAN

Giovani Silaban, Abdul Gani, Minasari Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi penetapan harga yang diterapkan oleh CV Sarma Medan serta mengidentifikasi strategi yang lebih optimal dalam meningkatkan volume penjualan. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi, di mana peneliti secara langsung melakukan observasi terhadap kondisi di lapangan serta mewawancarai pihak-pihak yang berperan dalam proses penetapan harga. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Mark Up. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa CV Sarma Medan menerapkan tiga strategi utama dalam penetapan harga, yaitu strategi harga jual impas berbasis markup, penetration pricing, serta strategi promosi melalui pemberian diskon. Setiap strategi memiliki keunggulan dan keterbatasan masing-masing dalam implementasinya. Berdasarkan hasil penelitian, strategi yang direkomendasikan untuk diterapkan adalah strategi odd pricing, karena dapat memberikan efek psikologis yang mendorong konsumen untuk membeli produk, sehingga berpotensi meningkatkan penjualan secara signifikan.


Keywords


Strategi, Penetapan Harga, Laba Penjualan.

References


Andika. (2021). “Strategi Penetapan Harga Guna Meningkatkan Penjualan Pada Toko Bonanza Mart Malang. Manajemen, 1(1), 1–98.

Anja. (2021). Strategi Penetapan Harga dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Gerai 212 Mart Cabang Bengkulu Perspektif Ekonomi Islam. Ekonomi Islam, 1(1), 1–95.

Ariani. (2018). . Analisis Pengaruh strategi Harga Terhadap Volume Penjualan Pakaian Pada PT. Barokah Biqalbin Salim Cabang Toddopuli Makassar. Ekonomi , Manajemen, 1(1), 1–86.

Azzam, A. (2020). “Strategi Penetapan Harga Dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Minimarket Muslim Madani Mart Taman Karya Pekanbaru Menurut Ekonomi Syariah. Ekonomi Syariah, 21(1), 1–9.

Dedek Rahayu Damanik. (2019). Analisis Pendapatan Dalam Meningkatkan Laba Usaha Pada PT. Perkebunan Nusantara IV Medan.

Firdawati. (2017). Analisis Penetapan Harga Jual Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Toyota Yaris Pada PT Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar. Ekonomi Dan Bisnis, 87(1,2), 149–200.

Hasrina, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Asuransi Terhadap Tingkat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya. 16(3), 1–10.

Iman, R. (2016). Analisis Penetapan Harga Jual Produk Terhadap Volume Penjualan Dalam Persepektif Ekonomi Islam. Ekonomi Dan Bisnis Islam, 147(March), 11–40.

Indra. (2017). Pengaruh Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Industri Makanan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ekonomi Dan Bisnis, 87(1,2), 149–200.

Indriani dan Minasari Nasution.2024.Analisis Penjualan Perumahan secara Tunai dan Kredit pada Perumahan PT. Propernas Nusa Dua.INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research. Volume 4 Nomor 3 Tahun 2024 Page 14644-14653.

JNW, Widy Hastuty dan Minasari Nasution, 2024Analisis Penerimaan Pendapatan dan Piutang Usaha dalam Kaitannya dengan Pajak Pertambahan Nilai Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Media Informatika. VOL 6 No.2 Halaman 503-507.

Maya. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–23.

Minasari Nasution dan Maya Sahlina. 2023. Analisa Perhitungan Harga Pokok Produksi Kopi Kenangan Ringroad Citywalk Medan. INNOVATIVE Journal Of Social Science Research. Volume3Nomor6Tahun2023Page9350- 9359. (n.d.).

N Rouzaton. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Besaran Premi Terhadap Kepuasan Menjadi Nasabah Asuransi Jiwa PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Banda Aceh. Penelitian Ilmiah, 1(1), 1–157.Sudtri. (2014). “Analisis Harga Pokok Penjualan Dalam Meningkatkan Laba Pada PT. Arti Buana Lautan Indonesia. Ekonomi Dan Bisnis, 85(1), 2071–2079.

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik (Tjiptono, F. (ed.); 2nd ed.). C.V ANDI OFFSET,.

Utami, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan Pada Hotel.

Wahyu. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Klaim Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya di Kantor PT. JASA RAHARJA Kota Pekanbaru. Penelitian Ilmiah, 1(1), 1–113.

Yulinda. (2019). Analisis Penentuan Harga Jual Produk Dalam Upaya Peningkatan Perolehan Laba Bersih Pada Pt. Mestika Mandiri Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara M E D a N, 9–19.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i2.6305

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Giovani Silaban, Abdul Gani, Minasari Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.