PENGARUH PENGENDALIAN PERSEDIAAN DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. SUMATERA PUTERA FARMASI DI MEDAN

Albi Suganda, Ahmad Taufiq Harahap, Al Firah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan kualitas produk terhadap volume penjualan pada PT. Tani Mas Subur, menggunakan metode kuantitatif melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Populasi sejumlah 260 pelanggan PT. Tani Mas Subur Medan yang membeli pada periode 2021 - 2024. Jumlah sampel dihitung dengan aplikasi sample size calculator Raosoft.com sejumlah 156 konsumen. Hasil penelitian menjelaskan bahwa variabel Brand Awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan dengan nilai thitung > ttabel (4,429 > 1,665), variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan dengan nilai thitung > ttabel (6,673 > 1,661), dan variabel brand awareness dan kualitas produk secara simultan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap volume penjualan dengan nilai Fhitung> Ftabel (78,054 > 3,06). Volume penjualan PT. Tani Mas Subur akan meningkat jika brand awareness dan kualitas produk semakin baik di kalangan masyarakat. Fenomena yang terjadi pada penelitian ini, PT. Tani Mas Subur kurang memperhatikan terkait dengan brand awareness dan kualitas produk ini.


Keywords


Kata kunci: Brand awareness, Kualitas Produk, Volume Penjualan

References


Brilianne Madjid, Syahputra, S.Sos., M.Sc., Ph.D (2019). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Volume penjualan The Botol Sosro di Kota Bandung, Jurnal e-Proceeding of Management, ISSN : 2355-9357 Vol.6, No.3.

Hutasuhut, N. A., Sahputra, N., & Al Firah. (Desember 2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ketepatan Waktu Terhadap. Jurnal Bisnis Corporate : Vol. 7 No. 2 ISSN : 2579 –6445.

Madjid, B., & Syahputra, S. (2019). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Volume Penjualan Teh Botol Sosro Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 6(3)

Manik, Cornelia Dumarya. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan (Studi pada Perumahan Serpong Garden). Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. Vol. 3. No.1.

Mokalu, F. O., & Tumbel, A. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Distribusi terhadap Volume Penjualan Roti Jordan CV. Minahasa Mantap Perkasa. Jurnal Emba, 3(1), 254–265.

Pebriani, A., Sukomo, & Mulyadi, E. ( Vol. 3, No. 3, e-ISSN 2722-6069, Oktober 2022). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) , 611-616.

Putri, N. H., Sari, N. S., & Rahmah, N. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Riset Konsumen: Target Pasar, Perilaku Pembelian Dan Permintaan Pasar (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 504– 514.

Rossiter, J. R. (2014). Branding Explained: Defining and Measuring Brand Awareness and Brand Attitude. Journal of Brand Management, 21(7-8), 533-540

Satria, R., & A.R., H. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Penjualan Produk KartuAS Telkomsel Cabang Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, Vol. 2, No. 3

Wahyudi, A. N., Isabella, A. A., & Hairudin, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Citra Abadi (CA) Bandar Lampung. Journal of Society Bridge, 1(3), 40–51. https://doi.org/10.59012/jsb.v1i3.16




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i2.6286

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Albi Suganda, Ahmad Taufiq Harahap, Al Firah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.