FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN KURIKULUM DITINJAU DARI SUDUT MANAJERIAL

Mondang Munthe

Abstract


RINGKASAN - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kurikulum ditinjau dari sudut managerial. Metode penelitian ini menggunakan metode tinjauan kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang didasarkan pada pendapat-pendapat para ahli pendidikan. Proses pelaksanaan kurikulum sebagai sifatnya yang sentiasa berubah turut dipengaruhi oleh faktor-faktor persekitaran yang merangsang reaksi manusia yang terlibat dalam kepentingannya. Hasrat terhadap perubahan kurikulum itu menggambarkan keperluan pendidikan yang menjadi wadah penerus kemajuan bangsa dan negara itu sendiri. Faktor-faktor keberhasilan kurikulum dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah, guru, aktivitas peserta didik, fasilitas dan sumber belajar serta komite sekolah. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kurikulum, harus menimaliskan faktor yang bersifat negatif. Oleh karena itu bagi keberhasilan kurikulum diharapkan dapat bekerjasama dengan kelompok lain dan adanya ujicoba agar faktor negatif dapat diminimaliskan.

 

Kata kunci : Kurikulum dan Manajerial




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v14i2.626

Article Metrics

Abstract view : 11155 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 3613 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.