PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa S1 FISIP Universitas Sumatera Utara)

Suardi Altaka Raka Zapata Tito, Audyta Ramadhani Purba, Joyce Alicia Munthe, Abdul Aziz Nasution, Lidia Katarina Sitanggang, Onan Marakali Siregar, Ummi Salamah Sitorus

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee pada mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Studi kuantitatif dengan pendekatan asosiatif ini melibatkan 122 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dianalisis menggunakan software Smart PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review dan online customer rating berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Online customer review memiliki pengaruh lebih dominan (koefisien 0,414) dibandingkan online customer rating (koefisien 0,302). Kedua variabel mampu menjelaskan keputusan pembelian sebesar 42,5%. Penelitian ini mengimplikasikan pentingnya ulasan dan peringkat online dalam mempengaruhi perilaku konsumen pada platform Shopee.


Keywords


Pengaruh, Online Customer Review, Online Customer Rating, Shopee.

References


Almayani, R. N., & Graciafernandy, M. A. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Online Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee. Point: Jurnal Ekonomi & Manajemen, 5(1), 97–107.

Annur, C. (2022, September 20). Ini Situs E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak per Agustus 2022. Diakses pada 28 Oktober 2024 dari https://databoks.katadata.co.id/teknologitelekomunikasi/statistik/62d308621e97284/ini-situs-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-per-agustus-2022

Ardianti, A. N., & Widiartanto. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 55–66. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jiab.2019.23656

Arrum, I. Q., Saroh, S., & Trianti, K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pasca Pandemi COVID (Studi pada Konsumen di Sardo Swalayan Kota Malang). Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Manajemen Bisnis Digital, 1(4), 600–610.

Duryadi. (2021). Metode Penelitian Ilmiah Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Dwidienawati, D., Tjahjana, D., Abdinagoro, S. B., Gandasari, D., & Munawaroh, M. (2020). Customer review or influencer endorsement: Which one influences purchase intention more? *Heliyon, 6*(11), e05543. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05543

Fatma, N., Irfan, N. F., & Latiep, I. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Produk Menggunakan Persepsi Harga dan Kualitas Produk. Seiko : Journal of Management & Business, 4(2), 533–540. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1674

Hanaysha, & Rajeh, J. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review.

Hindun, D., Sangadji, E. M., & Nurhayati, D. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee Mahasiswa. Mufaka Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(5), 202–211. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat

Kamisa, N., P, A., & Novita, D. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen (Studi Kasus: Pengguna Shopee di Bandar Lampung). JEB. Journal of Economic and Business Research, 2(1), 21–29. http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB

Kinanti, S., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di Kota Batam. ECo-Buss, 5(3).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Boston: Pearson.

M, N. S., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Content Marketing dan Brand Love Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific pada Platform TikTok Shop (Studi pada Konsumen Produk Skintific di Samarinda). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 7(3), 1205–1226.

Muharam, H., Setiawan, R., & Wardi, T. A. (2023). Pengaruh Country of Origin, Online Customer Review dan Product Knowledge Terhadap Purhase Decisiom Smartphone Samsung. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(2), 2023.

Nugroho, A., & Soliha, E. (2024). Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Kecantikan: Peran Kualitas Produk, Citra Merek, Persepso Harga dan Celebrity Endorsement. Jesya Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, 7(1), 226–242. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1348

Rahadi, D. R. (2023). Pengantar Partial Least Square Strctural Equation Model (PLS-SEM). Tasikmalaya: Lentera Ilmu Madani.

Siraj, A., Yongming, Z., Shilpa, T., Ehtisham, A., Jiaxin, G., and Xihui, C. (2024). ‘Executing Marketing through a Gender Lens: A Consumer Purchase Decision-Making Study in an Emerging Economy’, Arab Gulf Journal of Scientific Research. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/agjsr-02-2023-0064

Sitinjak, T. J. R., & Silvia, V. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(8), 3669–3674. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue

Sukirman, R., Kumalasari, F., & Hendrik. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Shopee. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(1), 152–159. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i1.845

Suryadi, L., Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2024). Analisis Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Dengan E-Trust sebagai Variabel Mediasi (Pada Pengguna E-Commerce). Costing: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(5), 306–317.

Tampubolon, A., & Adlina, H. (2023). Pengaruh Brand Image, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Konsumen Mie Gacoan Medan). Neraca Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(1). http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca

Yasri, Y., & Budiarti, A. (2023, November 28). Millennials Brand Love of Regional Specialties Food: The Role of Brand Authenticity and Brand Trust. https://doi.org/10.4108/eai.9-8-2022.2338676

Yusuf, M. (2022). Pengaruh Promosi, Gaya Hidup, dan Persepsi Risiko terhadap Niat Beli Motor Listrik menggunakan Metode SEM - PLS. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 6(2), 241–248. https://doi.org/10.33379/gtech.v6i2.1685




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i1.5843

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Suardi Altaka Raka Zapata Tito, Audyta Ramadhani Purba, Joyce Alicia Munthe, Abdul Aziz Nasution, Lidia Katarina Sitanggang, Onan Marakali Siregar, Ummi Salamah Sitorus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.