STUDI LITERATUR: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR
Abstract
Penelitian bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media visual terhadap motivasi belajar. Metode penelitian metode studi literatur. Hasil penelitian penggunaan media pembelajaran visual seperti isi pesan, sesuai tujuan pembelajaran bisa memotivasi, bersemangat, mempermudah pada pelaksanaan pembelajaran, timbul kesenangan antusias lebih pada belajar. Pada bimbingan kelompok meningkatan motivasi belajar dikarenakan hakikat media visual membantu memahami materi melalui indra penglihatan yang memasukkan pesan verbal dan nonverbal, memberikan pengalaman visual konkrit, penggunaan bertujuan untuk membentuk, mengenalkan, menerangkan pemahaman bahan ringkasan terhadap siswa, berkembangnya kegunaan nilai, mendesak aktivitas siswa secara berkelanjutan. Kesimpulan media pembelajaran adalah penentu kegiatan pembelajaran, unsur penting pembelajaran, sarana pendidikan, meningkatkan motivasi belajar dan semua hal yang dipergunakan yang berada di sekitar dan dapat dimanfaatkan. Hakikatnya media visual membantu memahami materi melalui indra penglihatan yang memasukan pesan verbal dan nonverbal, dan sering digunakan. Motivasi merupakan penukaran tenaga internal individu di tandai rasa serta di awali respon tujuan dan mencerminkan pada delapan capaian adalah durasi kegiatan, kekerapan aktivitas, tahap kreativitas, devosi; pengorbanan, presistensi, keuletan, kesabaran; keterampilan, tahap keahlian, serta tujuan nilai kepada target aktivitas. Pengaruh penggunaan media visual terhadap motivasi belajar sesuai pada tujuan pembelajaran bisa termotivasi, bersemangat, mempermudah pelaksanaan pembelajaran, timbul kesenangan antusias lebih pada belajar dan dengan bimbingan kelompok meningkatan motivasi belajar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adiputra, S., & Mujiyati, M. (2017). Motivasi dan prestasi belajar siswa di Indonesia: Kajian meta-analisis. Konselor, 6(4), 150–157.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 4(1), 80–86.
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 282–294.
Diandaru, B. H. (2023). MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs NEGERI 2 KOTA SEMARANG. Jurnal Pendidikan Widya Tama, 20(2), 185–196.
Dila Rizki Amanda. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 185–199. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3181
Emda, A. (2017). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.
Firdaus, C. C., Mauludyana, B. G., & Purwanti, K. N. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. PENSA, 2(1), 43–52.
Hae, Y., Tantu, Y. R. P., & Widiastuti, W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Visual Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1177–1184. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.522
Haryani, F. F., & Nursanti, A. D. (2022). Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 599–608.
Hulu, D. M., Pasaribu, K., Simamora, E., Waruwu, S. Y., & Bety, C. F. (2022a). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2580–2586.
Hulu, D. M., Pasaribu, K., Simamora, E., Waruwu, S. Y., & Bety, C. F. (2022b). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2580–2586.
Ihsan, I. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(1), 169–175.
Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 3(1), 89–99.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pebrianti, A. R. (2021). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN MERUYA SELATAN 06 PAGI. 3, 312–325.
Maisaroh, D., & Astuti, P. L. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Polynom: Journal in Mathematics Education, 2(1).
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, & Arifudin, O. (2023). PENGARUH MEDIA VISUAL PADA MATERI PEMBELAJARAN. Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum dan Ilmiah), 173–179.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index
Muhtarom, Gusliana, E., Ngarifin, S. Al, & Masrur, M. (n.d.). PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI AL FAJAR PRINGSEWU. 55–60.
Mulfajril, R., Hadiyanto, H., & Sofyan, H. (2023). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 8(1), 40–55. https://doi.org/10.22437/jptd.v8i1.25196
Nurfadhilah, S., Fauziah, P., Sulistiyani, P. S., Nabilah, S., & Dewi, Y. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL DI SDN KAMPUNG MELAYU III MASA PANDEMI. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2), 344–357. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Nurfadhillah, S., Andriyanto, Shadiqa, C. D., Refaldi, R. R., & Hasri, T. N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL SEBAGAI UPAYA MENYAMPAIKAN MATERI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI MUNCUL 1. BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1), 177–197. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Nurfadhillah, S., Nurfalah, K., & Amanda, M. (2021). PENERAPAN MEDIA VISUAL UNTUK SISWA KELAS V DI SDN MUNCUL 1. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 225–242. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Nurfadhillah, S., Nurfalah, K., Amanda, M., Kauniyah, N., & Anggraeni, R. W. (2021). PENERAPAN MEDIA VISUAL UNTUK SISWA KELAS V DI SDN MUNCUL 1. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 225–242. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Nurfaliza, N., & Hindrasti, N. E. K. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 96–107.
Pranowo, T. A., & Prihastanti, A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 217–223.
Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334
Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 289–302.
Rojanah, R. (2021). Penggunaan Media Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah. Journal Of Elementary Educational Research, 1(1), 40–48.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi motivasi dalam proses pembelajaran. Jurnal diklat keagamaan, 11(1), 33–41.
Sastramiharja, U. S., Nathanael, L., Permata Sari, R. W., & Kusriani, F. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. EDUTECH, 20(1), 72–86. https://doi.org/10.17509/e.v20i1.30997
Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran guru dalam memberikan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 149–155.
Selamet, I. K. (2020). PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD INPRES TUMPU JAYA I. JURNAL PAEDAGOGY, 7(2), 121–125.
Septariana, A., Stevanus, I., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, F. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDS SANTO MARKUS 1 JAKARTA. JURNAL PSIKO EDUKASI, 20(2), 189–197.
Setyarini, E. H., Mudiono, A., & Utama, C. (2022). ANALISIS PENTINGNYA MEDIA DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 3(2), 205–210. ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/jige
Setyawan, F. B., & Kusuma, D. P. H. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK MATERI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TENTANG PEMELIHARAAN KESEHATAN PENYAKIT MENULAR DBD UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 12(2), 151–166. https://doi.org/10.35706/judika.v12i2.11108
Suparlan. (2020). PERAN MEDIA DALAM PEMBEAJARAN DI SD/MI. Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 298–311. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Tawari, I. E. (2022). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 413–422. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7349913
Valentri, A., Yusup, M., Ningtias, D., Hafidoh, Rizqia, M. S., & Suhernah. (2024). PEMBELAJARAN KELAS RENDAH YANG DISESUAIKAN DENGAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SDN SERANG 17. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN KHATULISTIWA, 13(1), 1492–1499. https://doi.org/10.26418/jppk.v13i7.84164
Yusrin, V. I., & Hidayati, S. N. (2022). MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 10(2), 266–272.
Yusup, M., Hafidoh, Ningtias, D., Rizqia, M. S., Suhernah, & Wijaya, S. (2024). Visual Media in Social Studies Learning at SDN Umbul Kapuk Serang City. Jurnal Pendidikan Mandala, 9(1), 31–36.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i1.5653
Article Metrics
Abstract view : 466 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 215 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Diniya Ningtias, Hafidoh Hafidoh, Suhernah Suhernah, Maulana Yusup

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.