Pengaruh Teknologi Informasi dan Kualitas Layanan Customer Service Officer Terhadap Kepuasan Nasabah Bank X di Jakarta

Ria Susanti Johan, Widiyarini Widiyarini, Desy Septariani, Iin Asikin, Rachel Sinta

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara Teknologi Informasi, Pelayanan Customer Service Officer terhadap kepuasan nasabah Bank X KCP . Karena jumlah nasabah pengguna aktif mobile banking dan internet banking Bank tidak diketahui, maka populasi dalam penelitian ini adalah tak terhingga atau infinite. Teknik yang digunakan dlam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BANK X dan sampel yang diambil sebanyak 50 responden. Hasil yang diperoleh dari uji t yang menunjukan t hitung > t table (4,333 > 2,012)bahwa variabelteknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dan nilai t hitung  > t tabel  (4,065 > 2,012)bahwa variabel pelayanan Customer Service Officer (CSO) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hasil uji f menghasilkan nilai f hitung sebesar 25,123 > 3,19 dengan nilai signifikian (sig.) sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa variabel perkembangan teknologi perbankan, pelayanan Customer Service officer  (CSO) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Keywords


Teknologi Informasi, Customer Service, Kepuasan Nasabah.

References


Ahdar, M. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah

Indonesia (Studi Kasus pada BSI KCP Darussalam Banda Aceh) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Garbo, A. G., & Latifah, H. R. (2024). Optimasi Pelayanan Nasabah Bank Syariah Indonesia Melalui

Penggunaan Kecerdasan Buatan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9(2).

Go, E. L. R. (2023). Persepsi Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Layanan Digital Mobile Banking

Jconnect Pada Bank Jatim Kantor cabang Pembantu Rungkut Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya).

Hamzah B. Uno, & Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi komunikasi dan informasi pembelajaran

(Fatna Yustianti, Ed.; 1st ed., Vol. 2). Bumi Aksara.

Kurniati Karim, S. E. , M. S. (2020). ASPEK KEPUASAN NASABAH BERDASARKAN KUALITAS JASA PERBANKAN (1st ed.). Jakad Media Publishing.

Nurlela, N., Fuad, M., Brastoro, B., Arfa, F. F., Hamama, F., & Widiyarto, S. (2023). Pengembangkan

Kecakapan Finansial melalui Buku Literasi OJK pada Siswa TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6631-6640.

Nursakinah, N. (2020). Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Transaksi melalui Pemanfaatan

Teknologi Informasi di Bank Sulselbar Cabang Syariah Kota Sengkang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Oktariswan, D., Maria, F. D., Suprapto, H. A., & Hamonangan, R. H. (2024). Penyuluhan dan

Sosialisasi Literasi Keuangan Pada Siswa SMK. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 45-49.

Prabowo, H. A., Nurisman, H., Rizkiyah, N., Suyana, N., & Widiyarto, S. (2022). Penguatan Literasi

Keuangan Dan Pelatihan Wirausaha Untuk Pengurus Karang Taruna. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 802-806.

Saputri, N. L., Widiyarto, S., Nugroho, N., & Hadi, I. (2022). Penyuluhan Digital Untuk SMP YWKA 2.

Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 96-102.

Sunarmintyastuti, S., Prabowo, H. A., Sandiar, L., Ati, A. P., Harie, S., Sartono, L. N., & Widiyarto, S. (2022). Peran literasi digital dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Jurnal

Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(6), 32-36.

Supandi, A., Esra, M. A., Nurlela, N., Bakar, A., Sinambela, T. R., Widiyarto, S., & Purnomo, B.

(2023). Bagaimana Anak Mempelajari Kemampuan Kewirausahaan Sejak Dini?. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4267-4275.

Suprapto, H. A. (2022). The Influence of Household Consumption and the Human Development Index

on Economic Growth in West Java. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1).

Suprapto, H. A. (2023). Business Plan Proposal Preparation Training for Tsanawiyah Madrasah

Students. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(3), 207-216.

Suprapto, H. A. (2023). The Influence of Creativity and Self-Confidence on Craft and Entrepreneurship

Learning Outcomes in Bunda Auni Vocational School Students Bekasi. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3).

Suprapto, H. A., Vernia, D. M., Alifah, S., Widiyarto, S., Pamungkas, A. D., & Fahrudin, A. (2022).

Penyuluhan Dan Penguatan Kewirausahaan Bagi Siswa Smk Al Farabi Bogor. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2237-2241.

Vernia, D. M., & Widiyarto, S. (2023). Pengenalan Dasar Kewirausahaan melalui Entrepreneurship for

Kids (Studi Kasus pada TK Al-Amanah). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2557-2566.

Vernia, D. M., Suprapto, H. A., Sumadyo, B., Nurdin, N., & Widiyarto, S. (2023). Bagaimana Proses

Belajar Berwirausaha dan Budaya pada Anak Usia Dini?. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7992-7999.

Yuni Rusmawati DJ, B. R. (2018). pelayanan 1. ANALISIS PELAYANAN CS ( CUSTOMER SERVICE )

TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK DANAMON DI SUKODADI LAMONGAN.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i4.5153

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ria Susanti Johan, Widiyarini Widiyarini, Desy Septariani, Iin Asikin, Rachel Sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.