Analisis Efektifitas Pelayanan Akademik (Studi Kasus Pada Politeknik LP3I Jakarta Kampus Pasar Minggu)
Abstract
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan mendasar yang harus dimiliki oleh setiap individu dalam menunjang kemajuan suatu bangsa. Keberadaan perguruan tinggi memberikan peran yang besar dalam mendidik dan menyiapkan individu sehingga memiliki kemampuan akademik dan keprofesional yang dapat diterapkan sesuai keilmuan yang dimiliki. Pelayanan akademik dapat mempengaruhi keberhasilan pendidikan. Tingkat persaingan yang tinggi menuntut sebuah pelayanan yang baik dari dengan menciptakan konsep pelayanannya. Pelayanan akademik memiliki tugas utama dalam mendukung proses belajar mengajar. Permasalahan yang sering ditemui dalam pelayanan akademik merupakan suatu tantangan yang harus ditemukan solusinya dalam sebuah pelayanan akademik. Penelitian mengenai efektifitas pelayanan akademik ini menggunakan metode kualitatif dengan metode survey dan observasi, dimana pengamatan dilakukan dengan mengamati kinerja staf akademik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mencari informasi dari jurnal-jurnal dan buku yang disesuaikan dengan pembahasan dalam artikel ini. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan akademik agar lebih baik lagi ke depannya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bago, R., Sutardjo, A., & Anggraini, M. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Els Coffe Di Padang. Jurnal Matua, 4(2), 215–226. https://ejurnal unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/571
Kurniawan Agung. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Pembaharuan.
L. P Sinambela. (2010). Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementasi (3rd ed.). PT. Bumi Krasa.
Marthalina. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik Dan Kepuasan Mahasiswa Di Ipdn Kampus Jakarta. Jurnal MSDM, 5(1), 1–18.Mia Lasmi Wardiah. (2016). Teori Perilaku dan Budaya Organisasi. Pustaka Setia.
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nurhuda, H., Tinggi, S., & Islam, A. (n.d.). Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan National Education Problems ; Factors and Solutions. 127–137.
Sulistyawati, N. M. (2015). Kepuasan Pelanggan Restoran Indus. E- Jurnal Manajemen Unud, 4(8), 2318–2332.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i4.5148
Article Metrics
Abstract view : 76 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 41 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yoeliastuti Yoeliastuti, Faridah Faridah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.