Pengaruh Communicative Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Kanzul Mubarok Kota Bekasi
Abstract
Pembelajaran komunikatif adalah pendekatan pembelajaran bahasa yang berfokus pada penggunaan bahasa dalam konteks nyata. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemakmpuan siswa dalam berkomunikasi secara efektif dalam bahasa target, dalam hal ini bahasa Inggris. Dengan globalisasi, kemampuan bahasa Inggris menjadi semakin penting. Pembelajaran komunikatif merupakan pilihan yang perlu menjadi pertimbangan para guru dalam memaksimalkan hasil belajar siswa Bahasa Inggris. Metode yang diguakan adalah metode PTK (penelitian Tindakan kelas) dengan menggunkaan prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Penelitian diikuti oleh21 siswa kelas 7 SMP Kanzul Mubarok Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode komunikasif learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris, termasuk kemapuna mendengar, menulis dan berbicara. Secara keseluruhan, penerapan pembelajaran komunikatif di kelas SMP terbukti meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa, baik secara individual maupun dalam kelompok. Para guru disarankna dapat menggunakan metode yang lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa masa yang akan datang.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Febriyanti, R. H. (2017). Penggunaan metode communicative language teaching dalam pengajaran bahasa Inggris pada guru tutor di bimbingan belajar. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 319-328.
Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.
Rahmatillah, K. (2021). Learning english through communicative language teaching (CLT) approach. JCES (Journal of Character Education Society), 4(1), 1-10.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.
Soro, S. H., Ermya, J., & Salman, J. (2023). Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Perspektif Pendidikan Nilai). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1681-1686.
Supandi, A., Esra, M. A., Nurlela, N., Bakar, A., Sinambela, T. R., Widiyarto, S., & Purnomo, B. (2023). Bagaimana Anak Mempelajari Kemampuan Kewirausahaan Sejak Dini?. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4267-4275.
Widiyarto, S. (2022). English for Economic: Text, Vocabulary, and Structure.
Widiyarto, S. (2023). Learning To Write Explanatory Text Using The Picture-To-Picture Method For Students Of Mts Nurul Hikmah Bekasi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 7(2), 314-322.
Widiyarto, S., Mulyadi, M., Wulansari, L., & Ati, A. P. (2021). Youtube as a media for students’ comprehensive listening ability at junior high schools in Bekasi. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(6), 1699-1706.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i3.4811
Article Metrics
Abstract view : 87 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 53 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.