Peran Penggunaan Bank Digital dan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM (Studi kasus UMKM di Serang Banten)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pemanfaatan bank digital dan pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Serang, Banten. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil studi kasus terhadap UMKM di wilayah tersebut. Metode yang digunakan adalah wawancara langsung kepada pemilik UMKM dan analisis data penjualan sebelum dan sesudah penerapan strategi digital banking dan digital marketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan bank digital seperti layanan perbankan online dan aplikasi perbankan telah memudahkan UMKM dalam melakukan transaksi keuangan, pembayaran, dan pengelolaan keuangan secara efisien. Sementara itu, pemasaran digital melalui platform online seperti media sosial, website, dan periklanan digital telah membantu UMKM memperluas jangkauan pasar, meningkatkan visibilitas, dan meningkatkan penjualan. Mereka disarankan untuk mencoba berbagai strategi dan layanan, dan memantau kinerja mereka secara teratur untuk mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astria, N. (2019). Essay Kajian Kronologis Dan Dampak Penggunaan Dan
Perkembangan Teknologi Informasi. Jurnal Inovasi, 13(1), 1-10.
Chakti, G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif
sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).
Ridwan, Iwan Muhammad. Dkk. 2019. Penerapan Digital marketing Sebagai
Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE”
Bandung. JURNAL ABDIMAS BSI (Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat) Vol. 2 No. 1 Februari 2019, Hal. 137-142. E-ISSN : 2614-
Sari, N. M. J., & Abundanti, N. (2016). Pengaruh DPK, ROA, inflasi dan suku
bunga SBI terhadap penyaluran kredit pada bank umum (Doctoral dissertation, Udayana University).
Wibowo, E. S., & Syaichu, M. (2013). Analisis pengaruh suku bunga, inflasi, car,
bopo, npf terhadap profitabilitas bank syariah. Diponegoro Journal of Management, 2(2), 10-19.
Wardana, Aditya. 2018. Strategi Digital marketing Dan Implikasinya Pada
Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional:
Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th 2015. ISBN : 978-602-17225-4-1.
Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di
masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i2.4468
Article Metrics
Abstract view : 322 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 215 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.