PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA ANTARA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI SMA HARAPAN 1 MEDAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Harapan 1 Medan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari lima kelas. Kelas eksperimen 1 diberi pembelajaran berbasis masalah dan kelas eksperimen 2 diberi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematik. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray.
Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Kemampuan Komunikasi Matematik
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i61.439
Article Metrics
Abstract view : 165 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 211 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Warta Dharmawangsa
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.