MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Mawar Sari, Dwi Nandita Elvira, Natasya Aprilia, Salsabil Felicia Dwi R, Nadia Aurelita M

Abstract


Pembelajaran berbasis digital dilakukan guru untuk membantu proses interaksi komunikasi antara guru dengan siswa. Untuk mencapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang meningkat. Guru harus mampu mengembangkan ide-ide dalam membuat media pembelajaran. Dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital seperti menggunakan video animasi sebagai contohnya maka guru bisa menggabungkan dokumen, gambar dan juga audio untuk menyampaikan materi pembelajaran. Dalam sebuah proses pembelajaran guru harus bisa memahami ataupun memperhatikan siswanya untuk mengetahui perkembangan pemahaman siswa. Mata pelajaran Bahasa Indonesia sangat penting untuk di pelajari karena pelajaran Bahasa Indonesia mempelajari aspek-aspek mengenai sebuah makna. Saat ini masih ada siswa yang malas saat belajar dikarenakan siswa merasa jenuh dengan metode pembelajaran yang tidak berkembang dan proses pengajaran yang di berikan guru membuat siswa bosan. Maka dari itu sangat di perlukan penerapan metode baru dalam mengajar. Seorang guru harus dapat membantu siswanya dalam meningkatkan hasil belajarnya.

Keywords


Media Pembelajaran, Digital, Bahasa Indonesia

References


Agus Darma Putra, A. A. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Digital Pada Anak-Anak di Desa Ganti(Lombok). jurnal global education, 147-150.

Anisah, s. S. (2021). pengaruh pembelajaran digital terhadap hasil belajar siswa. jurnal Manajerial, 1-4.

Azis, T. N. (2019). strategi pembelajaran di era digital . jurnal islamisasi pengetahuan di era revolusi industri, 308-318.

Bramastia, H. F. (2022). literatur riview pengembangan media pembelajaran sains . jurnal pendidikan IPA, 63-69.

Darmayanti, N. K. (2021). pengembangan media pembelajaran daring komik virtual dalam muatan materi gagasanpokok dan gagasan pendukung bahasa indonesia . jurnal mimbar PGSD, 171-179.

Fuziah, D. H. (2022). media pembelajaran digital untuk stimulasi otak motorik halus anak.

jurnal pendidikan anak usia dini, 58-72.

Hartono, R. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Digital Berbasis Video Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP NEGERI 1 Binamu.

Mesitah. (2018). perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTS. Darul Muhajirin praya .

Muhammad Yusi Kamhar, E. L. (2019). Pemanfaatan Sosial Media youtube sebagai media pembelajaran bahasa indonesia di perguruan tinggi . jurnal ilmu pendidikan , 1-7.

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran bahasa indonesia . jurnal semiba , 99-104.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi . Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan .

Nuur Hfzah, K. P. (2020). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Biologu Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi , 541-549.

Saski, N. H. (2021). kelayakan media pembelajaran mareket learning berbasis digital pada mata kuliah strategi pemasaran . jurnal pendidikan tata niaga , 1118-1124.

Suherman, A. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis video animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi panas dan perpindahannya di kelas v sekolah dasar . jurnal pendidikan dasar setia budhi, 1-7.

Widjanarko, M. A. (2016). pengembangan media pembelajaran memahami dan memelihara sistem starter tioe konvensional berbasis buku digital . jurnal pendidikan teknik mesin, 37-42.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4266

Article Metrics

Abstract view : 259 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 465 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.