PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU ANLENE PADA PT. FONTERRA BRANDS INDONESIA DI MEDAN

Umar Hamdan Nasution, Cut Zahri, Alvin Surya

Abstract


Persaingan setiap perusahaan di Indonesia itu tangguh, jadi terus berusaha meningkatkan pangsa pasarnya dan menjangkau konsumen baru. Perusahaan sendiri harus selalu memikirkan strategi pemasaran yang paling tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangkan persaingan, sehingga tujuan yang diinginkan perusahaan dapat dipenuhi. Pada dasarnya, pesaing semakin banyak, semakin banyak pilihan yang dimiliki konsumen dapat memilih produk tersebut paling sesuai dengan harapan dan kebutuhannya. Hal ini membuat konsumen harus lebih berhati-hati terhadap setiap produk yang diluncurkan di pasaran agar dapat memperoleh kegunaan dan manfaat yang diinginkan dari produk tersebut. Bahkan, sebagian konsumen terkadang tidak segan-segan merogoh kantong lebih dalam untuk mendapatkan produk yang berkualitas.Sampel penelitian ini terdiri dari 57 pelanggan tetap yang membeli susu Anlene dari PT. Fonterra Brands Indoseia Medan. Metodologi yang digunakan adalah data kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk susu Anlene. Dari hasil uji t adalah thitung 5,139 > ttabel 2,004 menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk susu Anlene. Maka nilai thitung 2,532 > ttabel 2,004 yang artinya variabel promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk susu Anlene.Nilai F yang dihitung dengan uji F adalah Fhitung 9,678 > Ftabel 3,15 dapat disimpulkan bahwa kualitas produk dan promosi penjualan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian susu Anlene secara bersamaan.Hasil uji determinasi (R2) penelitian ini sebesar 0,460 yang berarti besarnya pengaruh kualitas produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 46%, dan sisanya sebesar 54% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

References


Bismala, Lila. 2012. Manajemen Produksi Operasi, Penerbit Perdana Publishing: Medan.

Digdowiseiso, Kumba. 2017. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis, LPU-UNAS, Jakarta.

Firmansyah, Anang, M., 2018, Prilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran), Deepublish Publisher: Yogyakarta.

Supranto, J., dan Nandan Limakrisna, 2011, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan Bisnis,, Mitra Wacana Media: Jakarta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategis, Andi Offset: Yogyakarta.

Ainur R., Sulis, 2013, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Hi-Lo di Semarang, Fakultas ekonomi dan bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang. https://core.ac.uk/download/pdf/19514797.pdf




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4258

Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.