TINJAUAN KRIMINOLOGI TINDAK KEKERASAN BULLYING TERHADAP ANAK DI KABUPATEN ASAHAN (Studi di Komisi Perlindungan Anak Daerah Kabupaten Asahan)

Ismail Ismail, Andi Maysarah

Abstract


- Tindak kekerasan bullying akhir-akhir ini kerap terjadi dikalangan masyarakat terutama dikalangan siswa yang masih kategori anak, dari segi pengertian bullying sendiri merupakan suatu Tindakan kekerasan yang bertujuan menekan seseorang baik itu terjadi secara fisik maupun non fisik sehingga bullying dapat menyerang sikis seseorang, terutama dalam perkembangan tekhnologi Dimana bullying sekarang dapat dilakukan melalui media sosial. Adapun penyebab bullying bisa diakibatkan oleh keadaan emosi seseorang yang tinggi baik diakibatkan sifat iri maupun diakibatkan pergaulan dan lingkungan Masyarakat yang tidak baik ditambah minimnya perhatian orang terdekat seperti orang tua. Adapun tujuan ditulisnya jurnal ini guna melihat peran KPAD Asahan dalam penanganan kasus bullying terhadap anak di kabupaten Asahan dan bagaimana Upaya-upaya pencegahannya. Dimana penelitian ini memakai metode penelitian Hukum Yuridis Empiris dimana pendekatannya melihat peraturan perundang-undangan yang ada dan bersumber dari bahan hukum primer melalui studi pustaka. Adapun hasil penelitian penyebab kekerasan bullying ini diakibatkan oleh faktor emosi yang memuncak dalam diri pelaku yang diakibatkan iri, kemudian ada yang diangkibatkan lingkungan dan kurangnya perhatian orang tua. Sedangkan peran KPAD Asahan dalam menangai kekerasan bullying di kalangan anak sangat vital mulai dari menerima laporan/pengaduan, melakukan mediasi hingga merekomendasikan penanganan kepada aparat penegak hukum dan Upaya pencegahan dapat dilakukan dalam kontek pencegahan dalam ilmu kriminologi yaitu Upaya Pre-emtif, upaya prepentif dan Upaya represif. Sedangkan pengaturan hukum terkait bullying masih bersandar dengan KUHP dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan terhadap Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Keywords


Kekerasan, Bullying, Anak

References


Abdussalam, Andri Desasfuryanto, (2014), Criminology Pembebasan Dengan Kasus Tindak Pidana Yang Terjadi Di seluruh indonesia, Jakarta, PTIK.

Amini, Yayasan semi jiwa, (2008), Bullying, Jakarta, Grasindo

Audyna Mayasari Muin,Syarif Saddam Rivanie (2022), Buku Ajar Hukum Pidana Perlindungan Anak, Makassar, Nas Media Pustaka

Barbara, krahe, (2005), Perilaku Agresif (Buku Panduan Psikologi Sosial), Yogyakarta, Pustaka Belajar

B.Simanjuntak. (1981), Pengantar Kriminologi dan Patologi Sosial, Bandung, Taesito I.S.Susanto, (2011), Kriminologi, Yogyakarta, Genta

Mustofa,muhammad, (2007), Metodologi Kriminologi, Jakarta, FISIP UI PRESS

Sejiwa, (2008), Bullying (Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak), Jakarta, Grasindo

Suryani, (2016), Stop Bullying, Bekasi, Soul Journe




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4253

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.