PENERAPAN METODE COOPERATIVE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENYELENGGARAKAN PERTEMUAN DI KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SWASTA PAB-2 HELVETIA T.P 2015/2016

Sumbarniati Sumbarniati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan 38 siswa kelas XII SMK Swasta PAB-2 Helvetia yang terdiri dari 33 perempuan dan 5 laki-laki.
Penerapan metode Cooperative Make A Match dapat meningkat-kan aktivitas belajar siswa dengan kelompok. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa pada siklus I dengan penilaian tidak kompeten sebanyak 27 orang, cukup kompeten sebanyak 9 orang dan kompeten sebanyak 2 orang dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu dengan penilaian tidak kompeten tidak ada, cukup kompeten 4 orang, kompeten 22 orang dan sangat kompeten 12 orang dan rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari siklus I dengan rata-rata 75 meningkat menjadi 86 pada siklus II dengan mengalami peningkatan sebesar 12,79%.
Dari hasil peningkatan hasil belajar tersebut berarti penerapan metode Cooperative Make A Match pada kompetensi Menyelenggarakan Pertemuan mengalami peningkatan. Tetapi masih ada faktor utama yang dirasakan menghambat yaitu belum seluruh siswa mampu bekerja secara kelompok. Oleh karena itu, guru hendaknya sering melatih siswa agar mampu bekerjasama dan melatih siswa agar memiliki keberanian mengungkapkan pendapatnya.
Kata Kunci : Metode Cooperative Make A Match, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i58.397

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

       

                                               

 

 

 

 

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : Warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.