UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS XI SMK SAMUDERA INDONESIA MEDAN T.A 2017/2018

Dewi Wahyuni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran biasa, (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen.
Analisis data dilakukan dengan analisis product moment. Hasil utama dari penelitian ini adalah secara keseluruhan siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan matematika realistik secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Secara deskriptif juga dikaji jawaban dari rumusan masalah yaitu: (1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik termasuk dalam kategori baik. (2) bentuk proses penyelesaian masalah siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: (1) pendekatan matematika realistik pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik adalah baik. Diharapkan guru matematika dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri.

Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Pemecahan Masalah Matematika




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i58.386

Article Metrics

Abstract view : 80 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

       

                                               

 

 

 

 

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : Warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.