PENGARUH MEDIA E-COMMERCE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE, TBK PLAZA MEDAN FAIR

Rika Napitupulu, Muhammad Asnawi, Al Firah

Abstract


PT. Matahari Department Store, Tbk (Matahari) merupakan industri retail di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat seperti pakaian, aksesoris, perlengkapan kecantikan dan perlengkapan rumah bagi konsumen yang mengapresiasi fashion dan nilai tambah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media e-commerce dan promosi terhadap keputusan pembelian pada PT. Matahari Department Store,tbk Plaza Medan Fair, populasi dalam penelitian ini adalah 100 orang konsumen yang melakukan pembelian di Matahari Medan Fair, sedangkan teknik pengambilan sampelnya menggunakan nonprobability sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, triangulasi dan wawancara Hasil analisis regresi berganda Y = 11,216 + 0,988X1 + 0,264X2 +e yang menunjukkan bahwa media e-commerce dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa media e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dimana terlihat nilai sig sebesar 0,009 < a (0,05) dan promosi juga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dilihat dari nilai sig (0,014) < a (0,05). Hasil koefisien determinasi diketahui sebesar 0,658. Jadi dapat dikatakan variasi variabel independen yaitu media e-commerce dan promosi mempunyai kontribusi dalam menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 65,8%. sedangkan sisanya sebesar 34,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.

Kata Kunci: Media E-Commerce, Promosi, Keputusan Pembelian.


References


Asnawi, M. (2022). pengaruh display (pajangan)dan kemasan terhadap keputusan pembelian produk coca cola amatil medan plant. Journal Economic Management and Business, https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=3Lb0uj4AAAAJ&citation_for_view=3Lb0uj4AAAAJ:hC7cP41nSMkC.

Asnawi, M., & Wahyuni, S. (2023). Perancangan Sistem Pemesanan barang dari Outlet Melalui Marketing Pada PT. KING SURYA Berbasis Web. Warta Dharmawangsa, 472.

Bisnis, M. (2022, oktober 9). E-commerce : Standart, Sejarah,Jenis,Indikator,karakter. Retrieved from Mastah bisnis: https://mastahbisnis.com/e-commerce-adalah/

Indikator Keputusan Pembelian Online: Definisi dan Tipe. (2021, juni 7). Retrieved from Xendit: https://www.xendit.co/id/blog/indikator-keputusan-pembelian-online-definisi-dan-tipe/

Kotler dan Amstrong, & kresna. (2016, juli 23). Proses Pengambilan Keputusan (skripsi dan tesis). Retrieved from NAMAHA: https://konsultasiskripsi.com/2021/07/23/proses-pengambilan-keputusan-skripsi-dan-tesis-2/

Kotler, Philip dan Amstrong, & Gary. (2014). Principles of Marketing. Jakarta: Erlangga.

Media, A. (2022, April 1). Indikator promosi menurut para ahli. Retrieved from CREATOR MEDIA: https://creatormedia.my.id/indikator-promosi-menurut-para-ahli/

Natasya, N. i. (2022). Keputusan Pembelian: Pengertian – Faktor yang Mempengaruhi dan Tahapannya. Retrieved from HaloEdukasi.com: https://haloedukasi.com/keputusan-pembelian

Schiffman, Leon dan Kanuk, & Leslie L. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Sekar Harum, A. A., & Nasution, M. A. (17 Januari 2023). Pengaruh Tipe Produk dan Merek produk terhadap keputusan membeli produk shell lubricant pada PT.Dinamika Lubsindo Utama Medan. Jurnal Warta Dharmwangsa, https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=al+firah+ayu&btnG=#d=gs_qabs&t=1678182989446&u=%23p%3DW9x-IkYAgZUJ.

Setyaningrum, A., udaya, J., & Efendi. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono, P. D. (2012). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2012). Dasar dasar manajemen pemaasaran. yogyakarta: CAPS.

Sunyoto, D. (2021). Perilaku Konsumen dan pemasaran. Yogyakarta: CAPS.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3825

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.