PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN WISUDA UNIVERSITAS PGRI SILAMPARI

Mardiansyah Putra, Nugroho Ponco Riyanto

Abstract


Wisuda merupakan momen penting bagi mahasiswa sebagai tanda kelulusan dari perguruan tinggi. Akan tetapi, saat ini di Universitas PGRI Silampari masih belum tersedia sistem pendaftaran wisuda yang optimal, terutama yang berbasis online dan teritegrasi dalam pembuatan file PDF untuk buku wisuda. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan tersebut dengan merancang dan mengimplementasikan Sistem Informasi Pendaftaran Wisuda berbasis online menggunakan metode pengembangan sistem prototype. Metode ini dimulai dari menganalisa kebutuhan sistem yang bersumber dari hasil analisis kebutuhan pihak pengguna, dilanjutkan dengan perancangan dan pembuatan sistem, dan terakhir mengimplementasikan serta menguji sistem. Sistem ini digunakan mahasiswa untuk mendaftar wisuda secara online, memantau status pendaftaran, dan menghasilkan file PDF buku wisuda bagi panitia wisuda. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode prototype berhasil memudahkan proses pengembangan sistem dengan melibatkan pengguna secara aktif dalam setiap iterasi. Implementasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen pendaftaran wisuda di Universitas PGRI Silampari.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Pendaftaran Wisuda, Prototype


References


Anam, S. dkk. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen, dan R&D). Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Arizal, & Puteri, A. N. (2020). Sistem Informasi Manajemen Wisuda Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(2): 125-134.

Idris, M., & Rahmah, A. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Wisuda berbasis Web menggunakan Model MVC. Jurnal Informatika Terpadu, 8(2): 62–67.

Mulyati, M., Sari, A., & Danti, S. (2018). Aplikasi Graduation Organizer Berbasis Mobile Pada Perguruan Tinggi Raharja. ICIT Journal, 4(1): 1-13.

Pricillia, T., Zulfachmi. (2021). Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD). Jurnal Bangkit Indonesia, 10(1): 6–12.

Setiawan, D. (2018). Buku Sakti Pemrograman Web : HTML, CSS, PHP, MYSQL & JAVASCRIPT. Yogyakarta: Start Up.

Ziaurrahman, M. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Wisudawan Menggunakan QR Code Berbasis Web. JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer, 14(2-a): 111–120.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3818

Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.