PERAN KECERDASAN BUATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM INOVASI PEMASARAN

Syarifah Maihani, Syarifah Nasywa Syalaisha, Yusrawati Yusrawati, T.M.Nur T.M.Nur, Desyan Ria, Kumita Kumita, Sayed Ahmad Zaki

Abstract


Pemasaran telah menjadi kompleks dalam satu decade terakhir dengan di perkenalkannya suatu kecerdasan buatan. Marketing kecerdasan buatan adalah tehnik pemanfaatan teknologi secara optimal untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Belakang ini menjadi menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk mengenali dan memahami kebutuhan pelanggan dan harapan mereka dalam hal produk serta layanan. Dengan bantuan AI para pemasar dapat memproses data dalam jumlah besar, melakukan penjualan secara individual dan memenuhi ekspektasi pelanggan. Selain itu persepsi yang mereka dapatkan tentang pelanggan dan kebutuhan mereka dalam jangka waktu yang lebih singkat membantu mereka untuk meningkatkan kinerja kampanye dan Retrun On Investment ( ROI ) dengan cepat. Dalam artikel ini penulis telah mengulas seluruh konsep penggunaan kecerdasan buatan dalam pemasaran. Ini memberikan rincian yang konfrehensif tentang manfaat penerapan AI dalam pemasaran, bagaimana AI membentuk Kembali pemasaran, kebutuhan AI dalam pemasran yang diilustrasikan dalam contoh-contoh dunia nyata dari berbagai bisnis. Artikel ini juga mencakup bagian yang didedikasikan untuk bagian implementasi strategi AIM yang berbeda di seluruh siklus hidup pelanggan. Akhirnya ada analisis yang terperinci berdasarkan sektor dan wilayah. Setelah membaca makalah ini, pembaca akan mendapatkan informasi yang baik tentang metode pemasaran modern dan gambaran lengkap tentang strategi pemasaran kecerdasan buatan saat ini, dan akan memiliki pandangan holistic tentang sektor AIM.

Kata Kunci: Digital Marketing, Kecerdasan Buatan.


References


Kamal SA, Shafiq M, Kakria P. Investigating acceptance of telemedicine services through an extended technology acceptance model (TAM). Technology in Society.

Shiferaw F, Zolfo M. The role of information communication technology (ICT) towards universal health coverage: the first steps of a telemedicine project in Ethiopia. Global health action.

Kidholm K, Ekeland AG, Jensen LK, Rasmussen J, Pedersen CD, Bowes A, Flottorp SA, Bech M. A model for assessment of telemedicine applications: mast. International journal of technology assessment in health care.

Dodoo JE, Al-Samarraie H, Alzahrani AI. Telemedicine use in Sub-Saharan Africa: Barriers and policy recommendations for Covid-19 and beyond. International Journal of Medical Informatics.

Al-Samarraie H, Ghazal S, Alzahrani AI, Moody L. Telemedicine in Middle Eastern countries: Progress, barriers, and policy recommendations. International journal of medical informatics. 2020 Sep 1;141:104232.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3817

Article Metrics

Abstract view : 739 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 672 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.