PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. TASPEN (PERSERO) CABANG GUNUNGSITOLI

Kristiani Zendrato, Maria Magdalena Bate'e, Yuterlin Zalukhu, Serniati Zebua

Abstract


ABSTRAK- Tujuan dari riset ini untuk mengetahui dan memperoleh informasi apakah ada pengaruh strategi pemasaran Kantor Cabang PT. Taspen (Persero) Gunungsitoli terhadap kepuasan nasabahnya. Jenis metode pada riset ini yaitu kuantitatif dimana sampelnya yakni nasabah PT. Taspen (Persero) Cabang Gunungsitoli pada bulan Juni dan Juli 2022 sebanyak 75 orang dari 300 orang populasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dihasilkan sebesar 8,552, hasilnya kemudian dibandingkan dengan t tabel  yang taraf signifikannya = 0,05  pada dk = n-2 =75–2 =73. Kepuasan t tabel  pada dk = 73 dengan taraf signifikan = 0.05 bisa dicari melihat table distribusi t, ternyata kepuasan t tabel =2,101 Jika kepuasan t hitung  jika diperbandingkan dengan t tabel di peroleh t hitung > t tabel atau 8,552>2,101 oleh karena itu maka pengujian hipotesis meberikan menunjukkan korelasi positif dengan demikian data diterima. Kesimpulannya dapat disimpulkan diterima Ha dan Ho di tolak, artinya strategi pemasaran PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Gunungsitoli memberikan pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Nasabah.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Kepuasan Nasabah




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i3.3580

Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 383 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.