Hubungan Adversity Quotient dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Abstract
ABSTRAK - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Adversity Quotient dan hasil belajar peserta didik di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif non-experimen. Terdapat sampel 28 orang peserta didik diambil dengan menggunakan convenience sampling. Data Adversity Quotient diperoleh dari pengisian angket Adversity Responsive Profile dengan 30 pernyataan yang diberikan. Data hasil belajar peserta didik diperoleh dari penilaian peserta didik. Data dianalisis menggunakan uji normalitas one sample Kolmogorov Smirnov test untuk melihat persebaran data dan uji korelasi pearson untuk hubungan Adversity Quotient dan hasil belajar peserta didik. Hasil analisis menunjukan koefisien korelasi antara Adversity Quotient dan hasil belajar peserta didik sebesar 0.650 dan rtabel = 0,3739 maka rhitung rtabel. Taraf signifikan 0,000 , terdapat hubungan yang signifikan antara Adversity Quotient dan hasil belajar peserta didik. Perolehan data tersebut menunjukkan adanya hubungan Adversity Quotient dan hasil belajar yang kuat dan signifikan antara Adversity Quotient dan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i3.3491
Article Metrics
Abstract view : 71 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 109 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.