PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE FLIP CHART

Dalifati Ziliwu

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran biologi dengan penggunaan flip chart. Metode penelitian menggunakan metode tinjauan kepustakaan (library research). Terdapat keuntungan-keuntungan yang lebih melalui kegiatan pembelajaran dengan penerapan Flip Chart pada pembelajaran aktif Student-Created Case Studies. Penerapan Flip Chart pada pembelajaran aktif Student-Created Case Studies mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Peningkatan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran biologi ditunjukkan dengan adanya sikap aktif siswa secara mandiri dalam kegiatan pembelajaran dengan guru sebagai fasitator. Kemampun siswa untuk mengingat dan memahami materi yang dipelajari meningkat yang terlihat saat materi pelajaran direview kembali siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru dan nilai post-test siswa juga meningkat, siswa lebih terdorong untuk belajar, siswa lebih tertarik untuk belajar biologi dengan pembelajaran biologi melalui penerapan Flip Chart pada pembelajaran aktif Student-Created Case Studies. Hal ini terlihat adanya peningkatan masing-masing indikator kemandirian kemandirian belajar setiap aspeknya.
Kata kunci : biologi dan metode flip chart




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i59.348

Article Metrics

Abstract view : 414 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 299 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

       

                                               

 

 

 

 

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : Warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.