Peran Komunikasi Bisnis Dalam Membantu Perkembangan UMKM Tahu Payah

reihan arya winata, mico ferdyansyah, nur halisah fajarini, putri ramadhani

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi nasional, khususnya dalam pertumbuhan ekonomi dan penuntasan jumlah pengangguran, sekaligus juga dapat mendorong akselerasi pembangunan daerah. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mendukung perkembangan UMKM adalah dengan menerapkan komunikasi bisnis pada UMKM tersebut. UMKM Tahu Payah merupakan salah satu dari ratusan UMKM yang ada di Kecamatan Beringin. UMKM Tahu payah merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang produksi tahu. Usaha ini beralamat Dusun 8 Karang Anyar Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. UMKM Tahu Payah tidak menerapkan komunikasi bisnis dalam usahanya sehingga seringkali mengalami permasalahan seperti, tidak memiliki cukup pengetahuan mengenai cara mengembangkan bisnis, tidak ada inovasi produk, bahkan tidak memahami pemasaran digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan komunikasi bisnis untuk mendukung perkembangan UMKM Tahu Payah. Hasil penelitian adalah bahwa komunikasi memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan usaha kecil, menengah dan mikro (UMKM). Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, UMKM dapat terus berkembang, terutama dalam memasarkan produk-produk inovatif. Komunikasi yang baik juga akan menjamin kerjasama yang baik antara pihak-pihak yang berkepentingan yang dapat membantu UMKM mengembangkan bisnisnya secara internal maupun eksternal.


Keywords


komunikasi bisnis, Produk, Tahu, UMKM

References


Arianto, B. (2022). Peran Media Sosial Dalam Penguatan Komunikasi Bisnis Kewargaan di Era Ekonomi Digital. Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER), 4(2), 132–146.

Nurlela, & Anggraini, I. (2022). Peran Komunikasi Pemasaran dalam UMKM : Pembelajaran untuk Pemberdayaan UMKM Kelompok Wanita Tani di Pedesaan. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Pengembangan Masyarakat Islam, 16(2), 79–88.

Onny, A. (2021). Strategi Pemasaran E-Commerce Bagi UMKM Indonesia Untuk Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Jurnal AKRAB JUARA, 6(1), 1–15.

Pratama, M. F. (2017). Analisis Komunikasi Bisnis pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM): Studi Komparatif pada Wirausaha Mandiri Magelang. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Srijani, K. N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 191. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118

Sriyanto, Y. P., Srigati, B., & Kurniawan, J. E. (2021). Komunikasi Bisnis Pelaku Umkm ( Pola Komunikasi Bisnis Pelaku Usaha Kerajinan

Bambu Di Desa Muntuk , Bantul Dalam Upaya Menjaga Keberlangsungan Usaha Selama Pandemi Covid-19 ) Umkm Business Communications ( Business Communication Patterns For Bamboo Craft. Seminar Nasional UNRIYO, 411–416.

Windusancono, B. A., Ilmu, F., Dan, S., & Politik, I. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM Di Indonesia. Mimbar Administrasi, 18(2), 1–14.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i3.3370

Article Metrics

Abstract view : 226 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 296 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.