PENERAPAN MODEL BELAJAR TUNTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BUKU HARIAN/PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LAHEWA
Abstract
ABSTRAK - Menulis buku harian ataua pengalaman pribadi adalah salah satu kegiatan atau aktivitas seseorang untuk menuangkan ide dari segala sesuatu yang dilihat, diamati, diteliti, didengar dalam bentuk tulisan sehingga pengalaman tersebut sulit untuk dilupakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan peningkatan kemampuan siswa menulis buku harian atau pengalaman pribadi melalui model Belajar Tuntas (Mastery Learning). Belajar Tuntas merupakan suatu filsafat dengan mengatakan bahwa dengan siapa siswa dapat belajar dengan hasil yang baik dari hampir seluruh materi pelajaran yang diajarkan di sekolah. Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka digunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat prosedur pelaksanaannya yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Data dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data, kesimpulan, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lahewa semester I yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari laki-laki berjumlah 16 orang dan perempuan berjumlah 19 orang. Dari hasil penelitian adanya peningkatan kemampuan menulis buku harian atau    pengalaman pribadi dengan menggunakan model Belajar Tuntas (Mastery Learning) yaitu pada siklus I memperoleh nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 90         dengan nilai rata-rata 59,14. Sedangkan, hasil observasi siswa siklus semester I    sebesar 81,71% dan siklus II sebesar 87,42%. Berdasarkan penelitian yang dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Belajar Tuntas (Mastery Learning) untuk memberikan peningkatan kemampuan menulis buku harian atau pengalaman pribadi kelas VII SMP Negeri 3 Lahewa Tahun Pembelajaran 2014/2015. Peneliti menyarankan bahwa (1) bagi guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia di SMP Negeri 3 Lahewa semoga penelitian ini, dapat digunakan sebagai sumber informasi bagi guru untuk memantau sejauh mana kemampuan yang dimiliki siswa dalam pembelajaran menulis buku harian atau pengalaman pribadi, (2) bagi siswa SMP Negeri 3 Lahewa, agar siswa dapat mengetahui sejauh mana keterampilan yang mereka miliki dalam menulis buku harian atau pengalaman pribadi, (3) bagi peneliti berikutnya, hasil penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengalaman dalam hal pembelajaran menulis di sekolah.
 Kata Kunci : Menulis Buku Harian/Pengalaman Pribadi, Model Belajar Tuntas (Mastery Learning).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i2.3207
Article Metrics
Abstract view : 184 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 221 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.