KETRAMPILAN KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE MELALUI INTERAKSI SOSIAL SECARA ONLINE DI PINTAR.CO: SEBUAH PLATFORM LIVE CHAT UNTUK MENGOPTIMALKAN KOMPETENSI KERJA
Abstract
ABSTRAK - Kemampuan komunikasi Customer Service dibutuhkan untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada konsumen. Aplikasi Pintar.co menuntut pengalaman dan ketrampilan baru bagi seorang customer service. Penelitian ini mengamati penggunaan live chat platform untuk mendeskripsikan konten komunikasi customer service dalam melayani konsumen khususnya peserta kartu prakerja dan menciptakan kepuasan konsumen di Pintar.co melalui live chat. Meskipun interaksi dengan konsumen secara langsung telah diakui sebagai pusat dalam penciptaan nilai, riset ini menghadirkan bagaimana penciptaan nilai tersebut dicapai dalam praktiknya, khususnya bagaimana keterampilan komunikatif melalui live chat dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen tersebut. Metode yang digunakan dalam riset ini adalah penelitian kualitatif. Adapun hasil riset menunjukkan bahwa kompetensi komunikasi customer service pada platform Pintar.Co meliputi (1) Pengetahuan dalam hal ini pemahaman terhadap kebutuhan atau permasalahan yang dihadapi konsumen. (2) Keterampilan dalam komunikasi customer service juga dilihat dengan adanya pengimplementasian komunikasi yang baik, yang ditunjukkan dengan penggunaan kata dan gaya berbicara yang mudah dipahami. Permainan Bahasa menjadi penting dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen untuk menggambarkan emosi yang stabil dengan mengikuti aturan-aturan tertentu untuk melakukan tindak verbal melalui live chat platform tersebut. Terakhir, kompetensi komunikasi customer service pada platform Pintar.Co meliputi (3) sikap yang ditunjukkan oleh customer service akan mempengaruhi cara pandang konsumen dalam memberikan kepuasan terhadap layanan yang diberikan.
Kata Kunci: Kompetensi Komunikasi, Customer Service, Live Chat Platform, Kepuasan Konsumen
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i2.3196
Article Metrics
Abstract view : 299 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 1329 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.