EFEKTIFITAS PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ONLINE PADA GRABFOOD DI JAKARTA

Eko Sugiyanto, Yoeliastuti Yoeliastuti, Evalina Evalina

Abstract


ABSTRAK - Gaya hidup masyarakat kota besar seperti Jakarta dalam memenuhi selera makan dan minum sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-harinya. Mereka menginginkan kemudahan dalam mencari makanan dan minuman, karena itulah di zaman milenial semua serba mudah dengan penggunaan aplikasi salah satunya Grabfood. Kehadiran sistem market place memudahkan konsumen untuk bisa mencari dan memesan makanan dan minuman yang di inginkan. Grabfood tentunya bukan satu-satunya aplikasi yang memudahkan dalam mencari dan memesan aneka makanan dan minuman, tapi ada aplikasi lain seperti Gofood, Shopeefood dan sebagainya. Di sinilah di perlukan promosi dan tentunya tawaran harga yang bersaing dengan aplikasi antar pesan lainnya, supaya bisa mengundang minat beli konsumen.
Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektifitas pengaruh secara parsial variabel Promosi terhadap variabel minat beli, demikian juga apakah efektif pengaruh Harga terhadap minat beli online konsumen pada Grabfood Jakarta. Penelitian ini dilakukan juga untuk mengetahui efektifitas kedua variabel tersebut bisa secara simultan atau bersama-sama mempengaruhi konsumen dalam menumbuhkan minat beli online pada Grabfood Jakarta. Berdasarkan Uji t, dimana Variabel X1 (Promosi) menghasilkan masing- masing skor sebesar 0,634 > 0,05 dan t hitung 0,479 < t tabel 1.678 berdasarkan angka t tabel tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwasanya tidak ada pengaruh antara promosi terhadap minat beli.Berdasarkan Uji F menghasilkan skornilai signifikan bahwa promosi dan harga di pengaruhi secara bersama terhadap minat beli sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 61.625 > F tabel 3.23 sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa minat beli dipengaruhi oleh kedua variabel.Hasil dari persamaan regresi berganda Y= 0.131 X1 + 0.264 X2 - 0.125, dihasilkan R Square sebesar 0,724 artinya terdapat kontribusi antara variabel Promosi dan variabel Harga terhadap minat beli sebesar72,4%.
Kata kunci: Promosi, Harga, Minatbeli




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i2.3175

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 225 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.