PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM SIRKULASI SMAN 1 KONAWE

Yustira Meidhita Lestari, I Wayan Suama, Lili Darlian

Abstract


ABSTRAK - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kontribusi model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap pemahaman konsep materi sistem sirkulasi di SMAN 1 Konawe. Jenis penelitian ini berupa penelitian Quasi Eksperimen menggunakan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Konawe yang terdaftar pada tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 50 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep siswa sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis deskriptif digunakan sebagai metode analisis data untuk memberikan gambaran pemahaman konsep. (2) pengujian hipotesis penelitian dengan analisis inferensial. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa kelas eksperimen pada pemahaman konsep lebih baik dari pada kelas kontrol, dengan nilai rata-rata 82,08 berbanding 73,46 untuk kelas kontrol. Jika hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thit = 5 dan ttab = 1,67, maka H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) berpengaruh signifikan terhadap pemahaman materi sistem sirkulasi.
Kata Kunci : POE (Predict-Observe-Explain), Pemahaman Konsep, Sistem Sirkulasi




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i2.3172

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.