ANALISIS KESALAHAN DALAM BERBAHASA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SMA BUDISATRIYA

Henilia Henilia

Abstract


RINGKASAN - Melalui bahasa, setiap orang dapat mengungkapkan pikiran dan perasaannya, serta segala ide, pendapat, dan cita-cita yang diharapkan. Tujuannya akan berkaitan dengan proses mata pelajaran bahasa Indonesia, yang akan berdampak pada peningkatan dan kemampuan dalam berkomunikasi baik itu secara lisan ataupun tulisan. Penting untuk dipahami bahwa meskipun sebagian besar masyarakat di negara kita sadar bahwa bahasa Indonesia adalah alat komunikasi, namun mereka masih kesulitan untuk menggunakannya dan sulit untuk mengungkapkan ide, pendapat, dan lelucon mereka dalam bahasa yang sederhana. cara yang tidak bisa dilakukan orang lain. Ketidakpahaman dan Kesalahan dalam berbahasa seringkali terjadi pada kondisi atau keadaan yang secara jelas menunjukkan adanya kaidah keteraturan dalam bahasa lisan, manfaat utama penggunaan bahasa, yang tidak hanya membuat komunikasi menjadi lebih efektif tetapi juga digunakan sebagai hasil akhir dari kegiatan bilingual.
Pertanyaan utama esai adalah apakah ada diksi kesalahans (pemilihan kata) dalam buku teks bahasa dan kalimat kesalahans dalam buku teks bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat kesalahan diksi (pemilihan kata) dalam pengajaran bahasa Indonesia dan apakah terdapat kesalahan struktur kalimat dalam pengajaran bahasa Indonesia.
Kata Kunci : Kesalahan, diksi, struktur kalimat, berbahasa.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i1.2952

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 319 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.