PENGARUH PRODUCT INVOLVEMENT DAN ENTITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PT. DISTRIVERSA BUANAMAS MEDAN

Cut Zahri, Umar Hamdan Nasution, Muhammad Shiddiq Syahroni

Abstract


RINGKASAN - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterlibatan produk terhadap keputusan pembelian produk di PT. Distriversa Buanamas Medan, untuk mengetahui pengaruh entitas merek terhadap keputusan pembelian produk di PT. Distriversa Buanamas Medan dan untuk mengetahui pengaruh antara product involvement dan entitas merek secara simultan terhadap keputusan pembelian produk di PT. Distriversa Buanamas Medan. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah survei kuesioner dengan menggunakan metode analisis data yang disebut regresi berganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kita mengetahui nilai variabel thitung dengan menggunakan uji hipotesis atau t-test product involvement sebesar 5.785 berarti thitung > ttabel yaitu 5.785>1,66800 H0 ditolak dan Ha diterima, pendeknya product involvement pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk PT. Distriversa Buanamas Medan. Hasil penelitian dengan menggunakan pengujian hipotesis, atau uji-t, menunjukkan bahwa nilai variabel thitung diketahui entitas merek dari 2.041, yaitu thitung > ttabel, yaitu 2.041>1,66800 H0 ditolak dan Ha diterima, pendeknya entitas merek memiliki kekuatan yang signifikan dengan keputusan pembelian produk di PT. Distriversa Buanamas Medan. Selain itu hasil survei uji-F diketahui nilai Fhitung = 83.146yang berarti Fhitung > Ftabel (83.146 > 3,12), dan signifikansi kurang dari 0,000 atau ï¡ = 0,05 menunjukkan bahwa variabel product involvement dan entitas merek bersama atau sekaligus mempengaruhi keputusan pembelian di PT. Distriversa Buanamas Medan. Hasil uji penilaian adalah nilai yang diketahui R adjust square 57,5% artinya ada pengaruh product involvement dan entitas merek terhadap keputusan pembelian produk sebesar 0,575 atau57,5 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti produk sebesar 0,575 atau 57,5%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci:
Product Involvement, Entitas Merek dan Keputusan Pembelian Produk.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i1.2925

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.