POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK MELALUI BACA TULIS AL-QUR’AN DI DESA LAU GUMBA

Nanda Rahayu Agustia, Ismaraida Ismaraida, Rita Nofianti

Abstract


RINGKASAN- Pengasuhan adalah pendekatan orang tua untuk terlibat langsung dengan, membimbing, memelihara, dan mengajar anak-anak mereka dalam kehidupan sehari-hari, dengan tujuan membantu anak-anak mereka mencapai kedewasaan sesuai dengan standar masyarakat. Pertimbangan penanaman keyakinan agama sangat penting bagi semua pemangku kepentingan pendidikan, terutama orang tua dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pengaruh pendekatan parenting terhadap karakter religius anak di Desa Lau Gumba dengan membaca dan menulis Alquran.. 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi orang tua dalam menanamkan karakter religius anak melalui baca tulis Al-Qur’an di desa Lau Gumba. Penelitiane ini menggunakane jenis penelitiane kualitatif. Hasile penelitiane menunjukkan bahwae terdapate beberapae tipe polae pengasuhane orang tuae terhadap anaknya,e yakni: 1) Pola asuh tipe permisif, 2). Pola asuhe tipe otoriter, 3) Polae asuh tipee demokratis. Adapun Faktore yange mempengaruhie Polae asuh orange tuae dalam menanamkan karakter religius anak melalui baca tulis Al-Qur’an, yakni: Tingkate pendidikane orang tua,e Statuse ekonomie dane pekerjaan orang tua.e Kepribadiane orange tua.
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Menanamkan karakter Religius, Baca Tulis Al-Qur’an




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2519

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.