PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VII SLB NEGERI DOLOKSANGGUL

Fernan Sinabutar

Abstract


RINGKASAN - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang, dengan objek penelitian siswa kelas VII SLB Negeri Doloksanggul Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, pemberian angket, dan tes kepada objek penelitian. Data yang diperoleh dari observasi dan angket dianalisis dengan cara analisis kualitatif, sedangkan data yang diperoleh dari tes dianalisis dengan cara anlisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi bangun ruang meningkat, dan semua siswa mengatakan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahamannya dalam pembelajaran bangun ruang. Pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa 44,00 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 84,67. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 30,84 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 77,50. Pada siklus II, semua siswa tuntas dalam pembelajarannya dengan ketuntasan 100 %.
Kata kunci: Media Audio Visual, Motivasi belajar siswa, Peningkatan Prestasi belajar Siswa.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2458

Article Metrics

Abstract view : 181 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Warta Dharmawangsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.