ANALISIS KUALITAS PELAYANAN YANG BERPENGARUH TERHADAP NILAI PELANGGAN PADA BISNIS JASA PENDIDIKAN TINGGI

Tika Nirmala Sari, Murviana Koto, Ratna Dina Marviana

Abstract


RINGKASAN - Dalam ekonomi yang sangat kompetitif, pengusaha industri jasa mengakui pelanggan sebagai "pusat laba", menyebabkan persaingan yang kompetitif. Termasuk industri jasa pendidikan tinggi di Medan. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kualitas pelayanan apa saja yang mempengaruhi nilai pelanggan kepada mahasiswa di tiga perguruan tinggi swasta di Medan, yaitu: Universitas Potensi Utama, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Universitas Dharmawangsa. Desain penelitian ini adalah penelitian eksplorasi atau penelitian ekplorasi karena penelitian ini didasarkan pada peraturan untuk mereduksi atau menemukan beberapa variabel menjadi beberapa faktor. Sampel ditentukan sebanyak 130 dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dirancang dengan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor, yaitu teknik analisis statistik multivariat yang digunakan untuk mereduksi dan menyimpulkan variabel menjadi faktor. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan masing-masing menjadi faktor yang mempengaruhi nilai pelanggan bagi mahasiswa antara lain Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibels.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, Pendidikan Tinggi, Analisis Faktor




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2449

Article Metrics

Abstract view : 218 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.