PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MENINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) PADA MATERI MENGANALISIS ISI DRAMA KELAS XI SMA NEGERI 1 GIDO TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Riana Riana, Asori Waruwu, Noveri A.J. Harefa

Abstract


RINGKASAN - Permasalahan proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Gido yaitu, Guru dalam penggunaan media pembelajaran masih terbatas pada buku pelajaran dan power point. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Meaningful Instructional design yang layak, praktis dan efektif .
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Penelitian pengembangan video pembelajaran ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 1 Gido.
Hasil penelitian ini berupa produk video pembelajaran berbasis Meaningful Instructional Design pada materi menganalisis isi drama. Penilaian ahli materi revisi I mencapai 76,5%, pada revisi II mencapai 97,5%, dengan kriteria sangat layak. Penilaian Ahli bahasa revisi I 72,5%, pada revisi II mencapai 92,5%, dengan kriteria sangat layak. Penilaian ahli desain revisi I 70,58%, pada revisi II mencapai 97,6% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian pada angket respon peserta didik uji coba perorangan memperoleh skor 96,8% kategori sangat praktis. Pada uji lapangan memperoleh skor 93,43 % kategori sangat praktis. Penilaian tes hasil belajar peserta didik memperoleh presentase ketuntasan klasikal pada uji coba perorangan 100 % dan uji coba lapangan 88,8 % dengan kriteria sangat efektif.
Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan video pembelajaran yang dikembangkan dengan berbasis Meaningful Instructional Design sangat layak, praktis, dan efektif digunakan sehingga memenuhi harapan atau tujuan penelitian. Adapun saran peneliti yaitu penelitian ini dapat mendorong peneliti lain untuk membuat video pembelajaran bahasa indonesia yang interaktif dengan aplikasi pembuatan video yang lebih baik.
Kata Kunci : Video Pembelajaran , Berbasis Meaningful Instructional Design




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2448

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 508 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.