MODEL PEMBELAJARAN DI ABAD KE 21
Abstract
RINGKASAN - Belajar merupakan interaksi dari keseluruhan proses yang berkaitan dengan keadaan sekitar siswa dan siswa. Oleh karena itu, pembelajaran konvensional yang monoton dan tidak menggairahkan dalam pembelajaran khususnya bagi siswa dapat menyebabkan menurunnya semangat belajar setiap siswa, sehingga dapat mempersulit tercapainya tujuan pendidikan nasional. Solusi agar proses belajar mengajar tidak monoton atau mengurangi minat belajar dapat dilakukan dengan memberikan model pembelajaran yang menarik dalam setiap pembelajaran yang diajarkan oleh pendidik. Dalam penelitian ini terdapat berbagai jenis pembelajaran dengan model yang menarik berdasarkan pembelajaran abad 21 saat ini. Model pembelajaran tersebut adalah: 1. Pengajaran Sinergis, 2. Pencarian Informasi, 3. Pembelajaran Puzzle, 4. Pengurutan Kartu, 5. Setiap orang adalah guru di sini. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Kemudian dalam pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka, wawancara dan observasi, serta pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Kemudian, hasil pembahasan ini terdiri dari konsep model pembelajaran yang terdiri dari 1) pemahaman masing-masing model pembelajaran, 2) penerapan model pembelajaran, 3) kelebihan dan kekurangan model pembelajaran.
Kata Kunci : Pembelajaran Abad 21, Model Pembelajaran, Solusi Pembelajaran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446
Article Metrics
Abstract view : 3464 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 19507 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.