MODEL PEMBELAJARAN DI ABAD KE 21

Meyniar Albina, Ardiyan Safi’i, Mhd. Alfat Gunawan, Mas Teguh Wibowo, Nur Alfina Sari Sitepu, Rizka Ardiyanti

Abstract


RINGKASAN - Belajar merupakan interaksi dari keseluruhan proses yang berkaitan dengan keadaan sekitar siswa dan siswa. Oleh karena itu, pembelajaran konvensional yang monoton dan tidak menggairahkan dalam pembelajaran khususnya bagi siswa dapat menyebabkan menurunnya semangat belajar setiap siswa, sehingga dapat mempersulit tercapainya tujuan pendidikan nasional. Solusi agar proses belajar mengajar tidak monoton atau mengurangi minat belajar dapat dilakukan dengan memberikan model pembelajaran yang menarik dalam setiap pembelajaran yang diajarkan oleh pendidik. Dalam penelitian ini terdapat berbagai jenis pembelajaran dengan model yang menarik berdasarkan pembelajaran abad 21 saat ini. Model pembelajaran tersebut adalah: 1. Pengajaran Sinergis, 2. Pencarian Informasi, 3. Pembelajaran Puzzle, 4. Pengurutan Kartu, 5. Setiap orang adalah guru di sini. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Kemudian dalam pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka, wawancara dan observasi, serta pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Kemudian, hasil pembahasan ini terdiri dari konsep model pembelajaran yang terdiri dari 1) pemahaman masing-masing model pembelajaran, 2) penerapan model pembelajaran, 3) kelebihan dan kekurangan model pembelajaran.
Kata Kunci : Pembelajaran Abad 21, Model Pembelajaran, Solusi Pembelajaran




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446

Article Metrics

Abstract view : 1417 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 9392 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.