PENGEMBANGAN TES BERFIKIR KREATIF MAHASISWA UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Dewi Wahyuni, Budi Antoro

Abstract


RINGKASAN - Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan tes berpikir kreatif mahasiswa Dharmawagsa dengan metode pengembangan dan reaceah yang telah dimodifikasi melalui 4 tahapan yaitu: (1) mendesain tes (2) validasi (3) uji coba terbatas dan (4) uji coba luas. Intrumen yang digunakan tes yang telah dikembangkan yairu tes berpikir kreatif. Hasil pengujian analisis diperoleh nilai validitas pada uji coaba terbatas sebesar 0.899, 0892, 0.904 dan 0.904 semua tes yang dikembangkan valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0.923 dan layak untuik diuji cobakan lebih luas lagi. Hasil uji coba luas diperoleh nilai validitas sebesar 0.960, 0.952, 0967 dan 0.951 dengan hasil reliabiltas sebesar 0.968 tes yang telah dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Hasil uji coba terbatas dan uji coba luas diperolehh kemampuan berpikir kreatif matematika mahasiswa belum baik dengan rincian kemampun berpikir lancar telah terpenuhi sedangkan kemampuan berpikir luwes, asli dan terperinci belum terpenuhi. Untuk meningkat kemampaun berpikiir kreatif mahasiswa diperlukan kebiasaan dan kemaun dari setiap pelajar untuk aktif dalam menyelesaikan soal-soal matematika agar kemampuan berpikir kreatif matematika pelajar terasah.
Kata Kunci: Berpikir, Kreatif, Pengembangan, Tes




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2442

Article Metrics

Abstract view : 156 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Warta Dharmawangsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.