DINAMIKA DAKWAH DALAM MENJAGA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (Kajian Tentang Metode Da’i Dalam Dakwah Di kota Sibolga)

Abdi Syahrial Harahap

Abstract


RINGKASAN - Islam adalah agama yang berdakwah. Agama berdakwah adalah agama bertujuan untuk mentransmisikan dan sebagai wadah untuk mensebar luaskan agama. Islam menuntut penganutnya untuk mengenalkan dengan metode dan kemampuan untuk menyebarkan ajaran agama yang dalam Al-Quran disebut cinta makruf nahi munkar, yang berarti mengundang kebaikan dan menghindari pemiskinan.
Hasymy menyebutkan bahwa dakwah tersebut kegiatan mengundang orang lain, persuasi untuk percaya dan mempraktikkan keyakinan Islam dan syariah yang pertama kali dipercaya dan dipraktikkan oleh pengkhotbah itu sendiri. (A. Hasjmy:1974)
Al-Quran secara normatif menyatakan bahwa manusia terbaik manusia yang berjuang dan berusaha mengubah dinamika sosial masyarakat menjadi kehidupan yang lebih bermartabat, dan mengajak orang lain untuk mewujudkan cinta makruf nahi munkar. Kehidupan manusia yang ideal akan terwujud ketika penganut agama mempraktikkan ajaran agama mereka. Masalahnya, ajaran agama sangat komprehensif. Misalnya dari masalah teologi, kemurtadan, fiqh, Al-Quran dan Tafsir, Fiqh, Akhlak, tasawuf dan moral. Idealnya, semua penganut agama Islam memahami serta menguasai semua ajaran utama Islam dan mempraktikkannya benar serta teratur. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana butir konsep dakwah ditransmisikan dengan baik dan menarik bagi jamaah haji. Pada akhirnya, masyarakat didorong dan termotivasi untuk melaksanakan ajaran Islam dengan cara yang kaffah. (Surah Al Baqarah:208)
Sebagai bukti apakah orang-orang ini memahami apakah mereka bersama Islam atau tidak, itu akan terlihat ketika mereka bersedia berbuat baik dan meninggalkan tindakan tercela. Tujuan akhir dari dakwah adalah untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan manusia di dunia ini dan di masa depan. Maka dari itu dibutuhkan Da’i maupun orang ahli agama yang dapat menjaga keharmonisan antar masyarakat di Kota Sibolga tersebut.
Kata Kunci : Dakwah, Da’i, Kerukunan, Profesionalisme




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2441

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.