PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS USIA DINI PADA ORANGTUA UNTUK MENCEGAH SEXUAL ABUSE ANAK USIA DINI
Abstract
RINGKASAN - Kekerasan seksual pada anak usia dini yang semakin meningkat, sangat meresahkan orangtua untuk meninggalkan anak-anak pada orang baru tanpa adanya pengawasan dari pihak keluarga. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman orangtua terkait pendidikan seks usia dini untuk mencegah sexual abuse, dan mengetahui pengaruh pemberian pendidikan seks sejak usia dini untuk mencegah sexual abuse. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kepada orangtua yang memiliki anak usia dini. Adapun hasil penelitiannya orangtua masih merasa pembahasan seks kepada anak usia dini tidak sopan untuk dibahas dan menganggap bahwa anak akan mengetahui saat menempuh pendidikan di lembaga formal. Hal ini disebabkan bahwa orangtua menyamaratakan kehidupan anaknya dengan kehidupan mereka pada saat dulu masih berusia dini. Dari kesimpulan yang saya dapat pada penelitian ini bahwa pemahaman orangtua tentang pemahaman orangtua terkait pendidikan seks sejak dini masih belum terbentuk dengan baik dan semestinya. Saran yang dilakukan dapat dilanjutkan dengan pengabdian untuk memberikan workshop bahwa pendidikan seks sejak dini penting dilaksanakan oleh orangtua. Kata kunci: Anak Usia Dini, Parenting, Sexual Abuse
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2251
Article Metrics
Abstract view : 307 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 353 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.