PENGARUH PROGRAM CASH BACK DAN TRANSFER PAYMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA PADA PT. ISTANA DELI KENCANA MEDAN

Cut Zahri, Cindy Annisa Prayadi

Abstract


RINGKASAN - Keputusan melakukan pembelian yaitu rangkaian tidakan pengintergasian yang mengabungkan segala sesuatu alasan untuk penilaian dua atau lebih tanggapan atau reaksi pilihan, dan menentukan salah satu diantara pilihan yang ada. Keputusan Pembeliandipengaruhi oleh program cashback dan transfer payment. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memaklumi atau mengenal pengaruh program cash back(X1) dan transfer payment (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitan ini adalah konsumen pada PT. IDK Medansebanyak 80 orang, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menganalisis dengan Jenis pendekatan asosiatif. Tehnik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Penelitian ini menggunakan teori manajemen Pemasaran yang berkaitan dengan Program Cashback, Transfer Payment dan Keputusan Pembelian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh Program Cashback (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) memiliki pengaruh signifikan dengan koefisien korelasithitung Program Cashback12.955 dan ttabel 1,6772, dimana dapat di pahami bahwathitung>ttabel dan nilai signifikan untuk Program Cash back sebesar 0.00 < 0.05. sedangkan pengaruh Transfer Payment(X2) sama atau juga mempunyai daya atau pengaruh yang berarti kepada Keputusan Pembelian (Y) nyata dengan diperoleh harga atau nilai koefisienthitungsebesar 729, dan ttabel1,6772, dimana mampu dipahami bahwathitung>ttabel dan nilai signifikan untuk Transfer Payment sebesar 0,000 < alpha 0,05. Berdasarkan nilai koefisien korelasi ganda secara bersama-sama antara Program Cashback dan Transfer Payment terhadap keputusan pembelian 4.584.Nilai tersebut memiliki arti bahwa jika variabel program cash back dan transfer payment bertambah maka keputusan pembelian akan ikut meningkat, dari uji F diperoleh Fhitungsebesar 20.074, sedangkan nilai nilai Ftabel282.144atau signifikan Fhitung000<0,05, menunjukan H0 ditolak dan Ha diterima,berartipromosi (X1) dan kualitasproduk (X2) pengaruhnya berarti kepada ketetapan membeli (Y) pada taraf α 0,05. Sedangkan nilai R Square sebesar 71.5% bahwa variable promosi dan kualitas produk memberikan kontribusi sebesar 0.715% dan sisanya 28.5% dipengaruhi oleh variable bebas lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.


Kata kunci : Program Cashback dan Transfer Payment, Keputusan Membeli




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2229

Article Metrics

Abstract view : 323 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 346 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.