BERBASIS KECERDASAN LINGUISTIK DALAM PENGUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS SWASTA DESA KELAMBIR V

Bahtiar Siregar, Tumiran Tumiran, Ismaraidha Ismaraidha, Dewi Pratiwi

Abstract


RINGKASAN - Kemampuan untuk memahami sesuatu dan kemampuan untuk mengungkapkan pikiran seseorang. Semakin cerdas seseorang, semakin mudah bagi mereka untuk memahami suatu masalah dan semakin cepat mereka dapat menyelesaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai penerapan model kecerdasan linguistik pada siswa MTs Swasta Desa Kelambir V. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data ini digunakan untuk analisis data. Dari tahap observasi hingga penyusunan RPP, pelaksanaan pembelajaran, dan tahap penilaian, semuanya didasarkan pada kecerdasan linguistik, dengan hasil yang cukup menggembirakan dan menghasilkan umpan balik yang lebih banyak daripada yang biasanya diberikan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. di sekolah, guna lebih meningkatkan kecerdasan linguistik siswa di kelas. Dengan kata lain, pendekatan pembelajaran berbasis kecerdasan linguistik ini dapat diterapkan pada mata kuliah lain. Padahal, efek dari pertumbuhan ini dapat meningkatkan kecerdasan bahasa siswa pendidikan agama.
KataKunci: Kecerdasan Linguistik, Pengembangan Pembelajaran Agama Islam




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2228

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.