PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA PT. NAGA HARI UTAMA MEDAN

M. Amri Nasution

Abstract


Penelitian ini mengemukan masalah apakah iklim organisasi dan gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja pegawai dan apakah iklim organisasi dan gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan kerja pegawai pada PT. Naga Hari Utama Medan. Tujuan penelitian untuk mengetahui iklim organisasi dan gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja dan untuk mengetahui iklim organisasi dan gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan kerja pegawai pada PT. Naga Hari Utama Medan. Penelitian ini dengan pendekatan asosiatif yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih dengan sampel 50 karyawan PT. Naga Hari Utama Medan dengan menyebarkan angket pertanyaan.
Dari hasil penelitian lakukan disimpulkan bahwa hasil evaluasi di dapat angka Adjusted R Square sebesar 0,641, hal ini berarti adalah sebesar 64.1 % variasi kepuasan kerja pegawai dapat dipengaruhi oleh faktor, iklim organisasi dan gaya kepemimpinan transaksional, sedangkan 35.9 % dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil uji serempak didapat dilihat nilai Fhitung sebesar 44,776 > Ftabel 3,18 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis (H1) dapat diterima yaitu iklim organisasi dan gaya kepemimpinan transaksional secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai pada PT. Naga Hari Utama. Pada uji parsial pengaruh pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja didapat nilai t-hitung = 9,443 > t-tabel 2,000 dengan signifikan 0,000 < 0,005, maka disimpulkan Ho ditolak dan H1 diterima, yang artinya iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan kerja pegawai. Selanjutnya, hasil pengujian parsial pengaruh gaya kepemimpinan transaksional terhadap keupasan kerja didapat nilai t-hitung = 2,.858 > t-tabel 2,000 dengan signifikan 0,000 < 0,005, maka disimpulkan Ho ditolak dan H1 diterima, yang artinya gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan kerja pegawai pada PT. Naga Hari Utama.



DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i55.210

Article Metrics

Abstract view : 159 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.