DAMPAK KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN SOSIAL BAGI PENGGUNA INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif bagi pengguna Media Sosial Instagram di Instansi Dinas Pendidikan Sumatera Utara)

Muya Syaroh Iwanda Lubis

Abstract


Instagram mampu merubah komunikasi dan sosial seseorang. Baik dalam cara seseorang itu berbicara, menunjukkan diri seseorang melalui sebuah foto atau video yang diunggah keakun atau media sosial instagramnya, dan yang lebih memiliki dampak dari semua itu adalah perubahan social yang terjadi dikalangan pengguna instagram. Hal ini tentunya akan berdampak bagi kehidupan seseorang. Manakala seseorang memposting dan meletakkan foto mereka dengan kehidupan sosialnya yang mewah,tentu saja dapat memicu kejahatan bagi seseorang. Bukan hanya itu saja, komunikasi yang kita lakukan dengan orang lain dalam instagram juga dapat memacu kesalahpahaman serta persepsi yang berbeda antar setiap individu.
Pembahasan tentang instagram dari sudut komunikasi dan perubahan sosial setiap penggunanya. Gambaran tentang dampak negatif atau positif yang terjadi jika kita tidak bisa dan mampu mengontrol cara berbica dan komunikasi kita di instagram akan berdampak tidak baik bagi diri kita sendiri, dan juga dampak perubahan social yang terjadi jika terlalu mengikuti kehidupan sosial orang-orang yang menggunakan instagram. Tentunya hal ini nantinya akan membuat kita sadar dalam menggunakan instagram. Bukan hanya itu saja, Proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan di dalam masyarakat meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosilnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih martabat. Adanya perubahan-perubahan tersebut akan dapat diketahui bila kita melakukan sesuatu perbandingan dengan menelaah suatu masyarakat pada masa tertentu yang kemudian kita bandingkan dengan keadaan masyarakat pada waktu ynag lampau.
Adapun metode yang dilakukan untuk pencapaian tujuan tersebut adalah dengan memberikan pemahaman komunikasi dan perubahan sosial yang baiknya dalam menggunakan instagram. Ada dua pendekatan dalam penelitian, yaitu pendekatan penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yang merupakan penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif.



DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i55.209

Article Metrics

Abstract view : 5241 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 3358 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.