UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI PENUTUP ATAP BANGUNAN GEDUNG MELALUI METODE TANYA JAWAB DI KELAS XI SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk usaha meningkatkan motivasi belajar Gambar Konstruksi Bangunan melalui metode tanya jawab pada pokok bahasan Menggambar konstruksi penutup atap di kelas XI SMK Negeri 5 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 1 yang berjumlah 32 orang siswa.
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode tanya jawab dapat meningkatkan motivasi belajar untuk belajar Gambar Konstruksi Bangunan khususnya pokok bahasan menggambar konstruksi penutup atap. Dari analisis yang dilakukan pada tes awal sebelum dilakukan tindakan kondisi motivasi belajar siswa kelas XI bisa dikatakan masih rendah. Setelah dilakukan siklus I dan siklus II kondisi belajar siswa mengalami perubahan. Pada siklus I belum mencapai hasil yang diinginkan dimana guru kurang efektif dalam melakukan metode tanya jawab dan siswa masih canggung. Sedangkan pada siklus II hasil yang diperoleh sudah sangat meningkat dan memenuhi target yang diinginkan. Kegiatan siswa dalam belajar Gambar Konstruksi Bangunan dengan metode tanya jawab sangat baik dan mengalami peningkatan mencapai 90% dan siswa termotivasi untuk belajar dengan menggunakan metode tanya jawab.
Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam mempelajari Gambar Konstruksi Bangunan dengan menggunakan metode tanya jawab
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode tanya jawab dapat meningkatkan motivasi belajar untuk belajar Gambar Konstruksi Bangunan khususnya pokok bahasan menggambar konstruksi penutup atap. Dari analisis yang dilakukan pada tes awal sebelum dilakukan tindakan kondisi motivasi belajar siswa kelas XI bisa dikatakan masih rendah. Setelah dilakukan siklus I dan siklus II kondisi belajar siswa mengalami perubahan. Pada siklus I belum mencapai hasil yang diinginkan dimana guru kurang efektif dalam melakukan metode tanya jawab dan siswa masih canggung. Sedangkan pada siklus II hasil yang diperoleh sudah sangat meningkat dan memenuhi target yang diinginkan. Kegiatan siswa dalam belajar Gambar Konstruksi Bangunan dengan metode tanya jawab sangat baik dan mengalami peningkatan mencapai 90% dan siswa termotivasi untuk belajar dengan menggunakan metode tanya jawab.
Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam mempelajari Gambar Konstruksi Bangunan dengan menggunakan metode tanya jawab
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i57.153
Article Metrics
Abstract view : 311 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 340 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Warta Dharmawangsa
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.