PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYIMAK BERITA DARI MEDIA ELEKTRONIK.

Riana Riana

Abstract


RINGKASAN - Menyimak adalah suatu aktifitas yang mencangkup kegiatan mendengar bunyi bahasa, mengidentifikasi, menginterprestasi, menilai dan merealisasi atas makna yang terkandung dalam bahan simakan. Model inkuiri merupakan cara penyajian pelajaran dengan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan informasi dengan tanpa bantuan guru. Model pembelajaran inkuiri merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analistis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menyimak berita dari media elektronik dengan model inkuiri. Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan prosedur pelaksanaanya adalah: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan : 1) teknik pengumpulan data, 2) lembar observasi 3) rekaman. Data dianalisis dengan tiga tahap yaitu: 1) reduksi data, 2) paparan data, 3) kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian terhadap kemampuan siswa menyimak berita dari media elektronik pada siklus I maka diperoleh nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 80 dengan nilai rata-rata 64,2. Selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 95 dengan nilai rata-rata 78,5. Hasil lembar observasi keaktifan siswa pada siklus I pertemuan pertama dan kedua sebesar 59.10%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama dan kedua sebesar 93,33%.
Berdasarkan penjelasan di atas maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri maka kemampuan dalam keterampilan menyimak dari media elektronik dapat meningkat, 2) dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri siswa dapat termotivasi dalam belajar pada keterampilan menyimak berita dari media elektronik. Peneliti menyarankan : 1) bagi guru bahasa Indonesia sebaiknya menggunakan model pembelajaran inkuiri ini dalam materi pembelajaran menyimak , 2) bagi siswa diharapkan agarlebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model inkuiri, 3) untuk peneliti selanjutnya , agar melakukan penelitian tentang menyimak ini dan menggunakan model inkuiri untuk memperoleh hasil yang lebih akurat dalam masalah penerapan model inkuiri.
Kata Kunci : Model Inkuiri, Menyimak Berita.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v15i3.1358

Article Metrics

Abstract view : 356 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 405 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.