PENGARUH PELAYANAN DAN PENGAWASAN TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI JASA TRANSPORTASI KERETA API PADA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) CABANG MEDAN

suardi suardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan pengawasan terhadap kepuasan pemakai jasa transportasi kereta api pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Cabang Medan. Untuk memperoleh data dan keterangan yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan dua metode penelitian, yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pelayanan (X1) dan pengawasan (X2), sedangkan varibel terikat adalah kepuasan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah para penumpang yang menggunakan jasa PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Cabang Medan sebanyak 30 responden di stasiun kereta api pusat, Medan.  Pengambilan sampel dilakukan  secara acak (simple random sampling).  Analisis data menggunakan uji regresi linier.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelayanan berpengaruh nyata terhadap tingkat kepuasan pemakai jasa pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Cabang Medan. Pengawasan berpengaruh nyata terhadap tingkat kepuasan pemakai jasa pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Cabang Medan.



DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.11

Article Metrics

Abstract view : 314 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Warta Dharmawangsa



Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.