IMPLEMENTASI METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC) PADA PERANCANGAN GAME EDUKASI PRA KEMERDEKAAN KALIMANTAN BARAT

Ferdy Febriyanto, Renny Puspita Sari, Syahru Rahmayuda

Abstract


Perkembangan teknologi digital yang pesat telah memberikan dampak signifikan pada bidang pendidikan, terutama dalam penyampaian materi sejarah yang sebelumnya dianggap monoton dan kurang menarik bagi generasi muda. Permasalahan ini menjadi latar belakang perlunya inovasi metode pembelajaran sejarah, khususnya sejarah pra-kemerdekaan Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan game edukasi yang memanfaatkan metode Game Development Life Cycle (GDLC), sebagai sarana pembelajaran interaktif yang mampu meningkatkan minat dan pemahaman sejarah di kalangan generasi muda. Metode GDLC dipilih karena menyediakan tahapan pengembangan yang sistematis, mulai dari konsep awal hingga pengujian dan evaluasi. Tahapan GDLC yang meliputi Initialitations, Pre-Production, Production, Testing, Beta Release, dan Release yang diterapkan secara terstruktur untuk memastikan sistem yang dihasilkan memiliki alur yang informatif sekaligus menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan GDLC dalam perancangan game edukasi mampu menghasilkan media pembelajaran yang tidak hanya interaktif tetapi juga edukatif, sehingga dapat mendukung pembelajaran sejarah yang lebih efektif.

Keywords


Game Edukasi, Game Development Life Cycle (GDLC), Sejarah

Full Text:

PDF

References


Adistya, F. A., Paranita Kartika, K., & Wulansari, Z. (2023). Perancangan Game Edukasi Bertema Pahlawan Indonesia Berbasis HTML5. JIP (Jurnal Informatika Polinema), 9(4).

Agung Saputra, A., Nonggala Putra, F., & Darma Rusdian Yusron, R. (2022). Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) Berbasis Android Design an Educational Game Introducing Indonesian Culture Using the Android-Based Game Development Life Cycle (GDLC) Method. In JACIS : Journal Automation Computer Information System (Vol. 2, Issue 1).

Andriyat Krisdiawan, R., & Darsanto. (2019). Penerapan Model Pengembangan Game GDLC (Game Development Life Cycle) Dalam Membangun Game Platform Berbasis Mobile. TEKNOKOM, 2(1).

Ariyana, R. Y., Erma Susanti, Muhammad Rizqy Ath-Thaariq, & Riki Apriadi. (2022). Penerapan Metode Game Devlopment Life Cycle (GDLC) pada Pengembangan Game Motif Batik Khas Yogyakarta. INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(6), 796–807. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i6.1129

Faishal Amri, M., & Agustina, R. (2023). Rancang Bangun Game Edukasi Latihan Soal USBN untuk Sekolah Dasar berbasis Android dengan Metode GDLC Menggunakan RPG Maker MV. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(1), 2023.

Haswan, F., & Wandi Al-Hafiz, N. (2017). Aplikasi Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam. Riau Journal Of Computer Science, 3(1), 31–40.

Hiskia, K., Elsera, M., Kunci, K., Edukasi, G., Hewan Laut, P., & Bahasa Inggris, D. (2022). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Hewan Laut Dalam Bahasa Inggris Menggunakan Metode R&D. Djtechno : Journal of Information Technology Research, 3(1), 2776–8546.

Liem, L. V., Sekarasri, A. L., & Astabrata, C. (2023). Perancangan Game Edukasi Untuk Mengenalkan Kekayaan Rempah-Rempah Indonesia. DeKaVe, XVI(1).

Luay, D. M., Asriyanik, & Apriandari, W. (2024). Penggunaan Metode GDLC (Game Development Life Cycle) Untuk Mengenal Bendera Dunia. INFOTECH Journal, 10(1), 40–48. https://doi.org/10.31949/infotech.v10i1.8374

Rizal Fauzy, S., Asriyanik, & Frazna Azzahra, F. (2023). Implementasi Game Development Life Cycle Dalam Pembuatan Game Buana RUH. INDEXIA : Informatics and Computational Intelligent Journal, 5(1).

Simanjuntak, J. M., Isnanto, R., & Nugroho, A. S. (2023). Perancangan Aset Permainan “Satria Piningit” dengan Menggunakan RPG Maker MV Berbasis Android Design of Game Assets “Satria Piningit” Using RPG Maker MV for Android-Based Platform. Jurnal Teknik Komputer, 2(2), 164–171. https://doi.org/10.14710/jtk.v2i2.38846

Syarif, S., Hasanuddin, T., & Hasnawi, M. (2022). Perancangan Game Puzzle Labirin Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) Berbasis Unreal Engine. Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam, 3(1), 34–41.

Wahyu, S. (2022). Penerapan Metode Game Development Life Cycle Pada Pengembangan Aplikasi GamePembelajaran Budi Pekerti. SKANIKA: Sistem Komputer Dan Teknik Informatika, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v5i3.5139

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF – 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ferdy Febriyanto, Renny Puspita Sari, Syahru Rahmayuda

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor