CONTRIBUTION TO LEARNING HABITS AND LEARNING INTERESTS ISLAMIC EDUCATION LEARNING RESULTS FOR CLASS VII STUDENTS SMP MUHAMMADIYAH 49 MEDAN

Rusydi Ananda, Muhammad Rifai, Waladun Shaleh

Abstract


The research aims to determine: (1) the positive and significant contribution of students 'learning habits to the learning outcomes of Islamic Religious Education, (2) the positive and significant contribution of students' interest in learning outcomes of Islamic Religious Education, and (3) positive and significant contributions. between study habits and student interest in learning outcomes of Islamic Religious Education.  The results of the research are: (1) there is a positive and significant contribution of study habits to the learning outcomes of Islamic Religious Education students of SMP Muhammadiyah 49 Medan. This means that the higher and more positive the study habits, the higher and more positive the student learning outcomes by providing an effective contribution of 9.90%, (2) there is a positive and significant contribution between interest in learning and the learning outcomes of Islamic Religious Education students of SMP Muhammadiyah 49 Medan. This means that the higher and more positive the interest in learning, the higher and more positive the learning outcomes by providing an effective contribution of 20.00%, and (3) there is a positive and significant contribution together between study habits and interest in learning with learning outcomes of Religious Education. Islamic students of SMP Muhammadiyah 49 Medan. This means that the higher and more positive the study habits and interest in learning, the higher and more positive the learning outcomes by providing an effective contribution of 30.20%.


Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, Nina dan Suryantini, Silfia. Agustyaningrum. Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 27 Batam, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 2, 2018.

Alfred, John dan James Julian M. Menggoptimalkan Kemampuan Berfikir, Bersikap, Berbicara, Bertindak, Dan Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Baca, 2008.

Ananda, Rusydi dan Fitri Hayati. Variabel Belajar. Kompilasi Konsep. Medan: Pusdikra, 2020.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2012.

Berutu, Muhammad Hasyim Ansyari dan Tambunan, Muhammad Iqbal H. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal: Biolokus Voll: 1 No. 2 Juli – Desember 2018.

Budiwibowo,Satrijo. Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Jurnal: Gulawentah, Jurnal Studi Sosial Volume 1 Nomor 1 Juli 2016

Darajaad, Raafiud dan Fitrayati, Diah. Pengaruh Minat Belajar Dan Jam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE). Volume 4 No 3 Edisi Yudisium 2016.

Dimyati dan Moedjiono. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Awan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Hidayat, Mutik. Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas IX IPS Di MAN Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan Vol. 3. No. 1, Tahun 2015

Hurlock , Elizabeth .B. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 1990.

Nitalia, Siti Ropika. Pengaruh Gaya Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal: Akademis dan Gagasan matematika Edisi Ke Dua Tahun 2015

Putri, Dinar Tiara Nadip dan Isnai, Gatot. Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Volume 1, Nomor 2, September 2015.

Rusmiyati, Febti. Pengaruh Kemandirian Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rongkop. Jurnal: Union Pendidikan Matematik, Vol 5 No 1, Maret 2017.

Santi, Maris Stella Vena dan Sarkim Tarsisius. Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Dalam Bidang Kinematika, dan Korelasi Antara Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMA Kelas XI Jurusan IPA di Kota Tanjungpinang dan Kota Metro. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2017.

Siagian, Roida Eva Flora. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Prestasi Belajar Matematika Jurnal Formatif 2(2), 2016.

Sirait, Erlando Doni. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika, Jurnal: Formatif 6(1): 35-43, 2016

Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sardiman, AM Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011.

Sarwiyatin, Lucia Fransisca Endang Sri. Pengaruh Sikap Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik SMA Negeri 1 Ponggok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Jurnal: Likhitaprajna Volume 19, Nomor 1, 2017.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sudjana, Nana. Cara Belajar Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.

Trisnowali, Andi. Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMAN 2 Watampone. Jurnal: MaPan Jurnal Matematika dan Pembelajaran Volume 5, No 2, Desember 2017.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Vygotsky, L.S. Mind In Society: The Development Of Higher Psychological Processes. Cambridge, Ma : Havard University Press, 1978.

Wilda, Salwah dan Ekawati, Shindy. Pengaruh Kreativitas Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal: Pedagogy Volume 2 Nomor 1, 2016.

Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia, 2009.




DOI: https://doi.org/10.46576/ijsseh.v1i3.1414

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF – 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dharmawangsa: International Journal of the Social Sciences, Education and Humanitis



Dharmawangsa International Journal Indexed by:

   

  

Member Of :

Dharmawangsa: International Journal of the Social Sciences, Education and Humanitis Published By: 

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : dharmawangsajournal@dharmawangsa.ac.id

 

 

JURNAL Dharmawangsa:International Journal of the Social Sciences, Education and Humanitis by Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at: https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/dharmawangsa/index